Minggu, Juli 14, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Menangkan Ganjar, Andika Siap Jadi Timses bahkan Bacawapres

KORANUSANTARA – Jenderal (Purn) Andika Perkasa mulai dikaitkan dengan Ganjar Pranowo. Memang, nama mantan Panglima TNI itu sebelumnya tidak masuk dalam 10 kandidat bakal calon wakil presiden (cawapres) dari PDI Perjuangan. Namun melihat hubungan intens Andika dengan PDI Perjuangan dalam beberapa waktu belakangan, bukan tidak mungkin Andika yang dipilih sebagai pendamping Ganjar untuk Pilpres 2024.

Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto tidak menampik hal tersebut. Dirinya menyebut, kans Andika menjadi calon wakil presiden pendamping calon presiden dari partainya, Ganjar Pranowo, terbuka lebar. Hasto menyatakan Andika tak hanya berpeluang masuk ke dalam tim pemenangan Ganjar saja.

“Tidak hanya jadi timses saja, opsi-opsi yang disuarakan teman-teman kalau kita lihat nama-nama yang beredar. Bu Mega belum memutuskan siapa yang akan mendampingi Pak Ganjar” ujar Hasto. “Jadi, antara sebagai timses ,kemudian opsi-opsi yang bakal cawapres itu juga terbuka untuk Pak Andika,” sambungnya.

Sebelumnya, Andika Perkasa disebut oleh Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani sebagai calon ketua tim pemenangan Ganjar Pranowo. Puan menyatakan dirinya mendapatkan mandat dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri untuk membentuk tim tersebut.

Hingga saat ini, PDI Perjuangan memang belum menentukan siapa yang akan menjadi pendamping Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024. Megawati sendiri menyatakan telah menerima masukan dari berbagai pihak.

Beberapa nama pun mencuat sebagai kandidat cawapres. Yakni Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dan Imam Besar Masjid Istiqlal Nazaruddin Umar. Keduanya didukung Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang juga telah menjalin koalisi dengan PDI Perjuangan.

Selain itu, terdapat pula nama Menteri Badan Usaha Milik Negara, Erick Thohir, yang disodorkan oleh Partai Amanat Nasional (PAN). PDIP dan PAN telah bertemu namun belum menyatakan berkoalisi.

PDIP juga sempat menyebut nama Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai kandidat cawapres pendamping Ganjar Pranowo.  Nama lainnya yang masuk dalam bursa cawapres pendamping Ganjar Pranowo adalah Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Seperti Selasa, 18 Juli 2023, Andika menjadi pemateri pelatihan juru kampanye pendukung bacapres Ganjar Pranowo di iNews Tower, Jakarta. Rupanya itu bukan kali pertama bagi Andika mengampenyakan Ganjar. Andika sendiri mengaku siap jika mendapat tugas mendampingi Ganjar. Apakah dukungan itu merupakan arahan dari Presiden Joko Widodo? Andika membantahnya. ’’Tidak ada. Kami kan dewasa,’’ katanya.

Dukungan itu, lanjut dia, murni datang dari dirinya sendiri. Salah satu pertimbangannya adalah kejujuran dan integritas Ganjar. Menurut Andika, hasil survei bacapres menunjukkan bahwa angka kejujuran atau integritas Ganjar cukup tinggi. Hasil survei itu sejalan dengan harapan masyarakat. ’’Masyarakat menginginkan kejujuran dari capres. Kejujuran ini porsinya 40 persen,’’ ungkapnya.

Selain kejujuran, mantan Pangkostrad itu menilai perhatian terhadap rakyat kecil juga menjadi hal yang diinginkan masyarakat terhadap calon pemimpin Indonesia. Nah, keunggulan Ganjar dalam aspek kejujuran dan dekat dengan rakyat itu bisa dioptimalkan dalam kampanye Pilpres 2024. (*)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular