Senin, April 22, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Membangun Kemandirian Pangan: Strategi Perkuatan Sektor Pertanian

TANJUNG REDEB – Anggota Komisi II DPRD Berau, Elita Herlina, menekankan pentingnya perkuatan sektor pertanian sebagai landasan untuk meningkatkan ekonomi kreatif masyarakat.

Ia menjelaskan bahwa perkuatan sektor pertanian tersebut bertujuan untuk memperkuat ketahanan pangan berbasis lokal bagi masyarakat. Dengan meningkatnya ketahanan pangan, diharapkan juga terjadi perkembangan dalam roda ekonomi masyarakat.

Untuk itu, Elita mendorong Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau untuk memberikan perhatian lebih terhadap sektor pertanian di Bumi Batiwakkal, terutama dalam memperhatikan kesejahteraan para petani. “Ini merupakan salah satu prioritas yang perlu mendapat perhatian serius,” ujarnya.

Sementara itu, pertambangan masih menjadi primadona sebagai pemasok Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Berau hingga saat ini.

Elita menegaskan bahwa agar tidak terus bergantung pada PAD dari tambang, diperlukan dorongan inovasi dan kreativitas di sektor pertanian oleh pemerintah daerah. “Sektor pertanian diharapkan menjadi andalan pasca tambang nantinya,” tambahnya.

Dia berharap, dengan memperkuat pondasi melalui sektor pertanian, pertumbuhan ekonomi setelah masa tambang dapat didukung dengan baik. “Kita juga harus memperhatikan sektor lainnya, tetapi fokus utama saat ini adalah pada sektor pertanian,” pungkasnya. (adv)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular