Minggu, Juni 16, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Mecaq Undat: Pesta Adat Menyambut Musim Panen di Kecamatan Tabang

TENGGARONG – Kecamatan Tabang, Kutai Kartanegara, kembali akan memperlihatkan kekayaan budaya dan tradisi lokalnya, lewat pesta adat Kecamatan Tabang bersiap untuk menggelar Mecaq Undat pada tanggal 1 hingga 5 Mei mendatang, berbagai perlombaan dan kesenian daerah akan di pertontonkan kepada masyarakat. Dua desa yang menjadi pusat kegiatan ini adalah Desa Tukung Ritan dan Ritan Baru.

Diketahui Mecaq Undat, adalah sebuah upacara adat yang diadakan oleh Suku Dayak Kenyah, memiliki makna yang dalam sebagai penyambutan musim panen padi.

Jadwal kegiatan pesta adat Mecaq Undat Kecamatan Tabang Kabupaten Kutai Kartanegara.

Secara harfiah, Mecaq Undat berasal dari bahasa Dayak Kenyah yang berarti menumbuk beras menjadi tepung. Namun, secara umum, acara ini menjadi perayaan kemenangan panen.

Camat Tabang, Rakhmadani Hidayat, menegaskan bahwa penyelenggaraan Mecaq Undat sudah tercatat dalam kalender Dinas Pariwisata. Keberadaan acara seperti ini bukan hanya sebagai bentuk pelestarian budaya, tetapi juga menjadi daya tarik wisata bagi pengunjung di wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara. Hal ini juga diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat.

“Agenda pesta ada Mecaq Undat ini sudah masuk kalender Pariwisata Kukar,” ujar pria yang akrab dipanggil Dani ini.

Semangat gotong royong menjadi kunci sukses dalam pelaksanaan Mecaq Undat, bukan hanya dalam partisipasi fisik tetapi juga dalam hal materi. Tagline “Kukar Idaman Betulungan Etam Bisa” menjadi pendorong semangat untuk bersatu dan berkarya dalam menyelenggarakan acara berharga ini.

“Acara puncaknya hari Sabtu, disana nanti ada tari kolosal, Tarian Sun Bulaq dan acara acara utama yakni pesta adat Mecaq Undat,” pungkasnya. (adv)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular