Minggu, Juni 16, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Mayoritas Warga Kukar Puas dengan Pimpinan Edi-Rendi, Ungkap Survei Terbaru

TENGGARONG – Hasil survei menunjukkan bahwa masyarakat Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) merasa puas dengan kinerja kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Kukar, Edi Damansyah dan Rendi Solihin.

Informasi tersebut terungkap dari hasil survei yang dirilis oleh Curva Survei Indonesia (CSI). CSI melakukan survei pada 19 Januari hingga 23 Januari 2024 di Kukar, yang merupakan salah satu pusat populasi terbesar di Kaltim.

Lokasi strategis Kukar, yang kini berdekatan dengan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, turut menjadikan wilayah ini fokus dalam Pilkada serentak 2024. Sebagian wilayah Kukar kini menjadi bagian dari IKN.

Dalam survei ini, metode yang digunakan adalah stratified multistage random sampling. Jumlah sampel dalam survei ini adalah 1.200 responden dengan margin of error +/- 2,83% pada tingkat kepercayaan 95%. Survei mencakup 20 kecamatan di Kukar secara proporsional.

Pengumpulan data dilakukan oleh pewawancara terlatih melalui wawancara tatap muka dengan menggunakan teknologi aplikasi digital terhadap responden yang telah terpilih secara acak.

Tujuan dari survei ini adalah untuk mengevaluasi kinerja pemerintah Kabupaten Kukar dan mengukur peta kekuatan elektoral. Berikut hasilnya:

1. Tingkat kepuasan terhadap kinerja pemerintahan Edi-Rendi adalah 80,92%. Secara individu, tingkat kepuasan terhadap Bupati Kukar, Edi Damansyah, adalah 81,75% dan tingkat kepuasan terhadap Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin, adalah 74,67%.

2. Kepuasan masyarakat menyebar dalam beberapa bidang, seperti Menjaga Kerukunan Antar Umat Beragama (83,3%), Meningkatkan Kegiatan Keagamaan (82,2%), Pelayanan Kesehatan (81,4%), Pendidikan Terjangkau (79,2%), dan lain-lain.

3. Dalam simulasi elektabilitas, Edi Damansyah dan Rendi Solihin sebagai pasangan Bupati dan Wakil Bupati memperoleh 76,5%, sementara kotak kosong mendapat 4,3%, dan sisanya tidak tahu atau tidak menjawab (19,2%).

4. Tantangan yang dihadapi termasuk menciptakan lapangan pekerjaan (21,6%), mengendalikan harga kebutuhan pokok (20,9%), dan menurunkan angka pengangguran serta kemiskinan (8,8%).

5. Masyarakat memiliki aspirasi agar kabupaten ini diarahkan sebagai pusat pertanian/perkebunan (21,6%), pusat pendidikan (21,6%), pusat pariwisata (18,3%), dan pusat perdagangan (10,3%).

“Temuan-temuan survei ini merupakan gambaran pada Januari 2024. Fluktuasi penilaian dan persepsi publik terhadap kinerja pemerintah daerah sangat bergantung pada berbagai kebijakan dan dampaknya bagi masyarakat,” ujar Hendra Yasin, Direktur Eksekutif Curva Survei Indonesia.

Ia menyimpulkan bahwa tingkat kepuasan publik yang tinggi terhadap pemerintah Kabupaten Kukar konsisten dengan raihan elektabilitas Edi Damansyah dan Rendi Solihin yang juga tinggi. (adv)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular