Sabtu, Juni 22, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Max Verstappen Setara Michael Schumacher

KORANUSANTARA – Max Verstappen membuat namanya sejajar dengan para legenda Formula 1. Raihan podium pada GP Inggris di Sirkuit Silverstone Minggu, 9 Juli 2023, menjadi kemenangan keenamnya berturut-turut musim ini. Dalam sejarah F1, hanya ada empat pembalap yang sanggup melakukannya.

Empat pembalap elite itu adalah Sebastian Vettel, Alberto Ascari, Nico Rosberg, dan Michael Schumacher. Vettel masih memimpin catatan prestisius tersebut dengan sembilan kemenangan beruntun. Catatan itu dia buat di GP Belgia sampai GP Brasil pada 2013.

Selanjutnya, Ascari berada di posisi kedua dengan tujuh kemenangan beruntun. Dia melakukannya pada edisi 1952 dari GP Belgia sampai GP Argentina. Tujuh kemenangan itu sama dengan catatan yang dibuat Nico Rosberg pada edisi 2015 dan 2016.

Sementara itu, enam kemenangan beruntun yang dibuat Verstappen ini sama dengan raihan yang dibuat Schumacher pada 2003. Namun, Schumacher juga pernah membuat tujuh kemenangan beruntun yang dia ciptakan pada 2004. ”Jelas aku sangat bahagia. Apalagi, namaku disandingkan dengan para legenda seperti mereka,” ucap Verstappen dilansir situs resmi F1.

Hasil GP Inggris tersebut juga membuat Verstappen total telah mengumpulkan delapan kemenangan musim ini. Untuk Red Bull sendiri, mereka meneruskan sapu bersih sepuluh kemenangan dari seluruh balapan yang telah berlangsung musim ini.

Selain delapan dari Verstappen, dua kemenangan lain diraih oleh rekan setimnya, Sergio Perez. Jika digabung dengan musim lalu, rekor kemenangan Red Bull menjadi sebelas beruntun. Itu terhitung dari kemenangan Verstappen di GP Abu Dhabi pada 20 November tahun lalu. ’’Sebelas kemenangan beruntun sungguh luar biasa untuk tim. Memang tidak terus mulus. Tapi, kami mampu mengatasi semuanya,” tambah Verstappen. (*)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular