Kamis, Februari 22, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Matangkan Persiapan, Tiga Cawapres Siap Debat

KORANUSANTARA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI terus mematangkan persiapan debat kedua Pilpres 2024, Jumat, 22 Desember 2023. Selain tempat acara, yang membedakan debat kali ini dengan sebelumnya agalah penyedian podium. Kendati begitu, podium yang disediakan hanya diperuntukkan bagi calon wakil presiden (cawapres). Sementara, meski ikut mendampingi, calon presiden (capres) akan mendapat posisi berbeda.

Hal itu sesuai dengan agenda debat kedua, yakni debat cawapres. ”Podium hanya untuk cawapres yang debat,” ujar Ketua KPU Hasyim Asy’ari Dengan demikian, ada tiga podium yang dipersiapkan di panggung

Hasyim menambahkan, teguran terhadap cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka menjadi salah satu evaluasi menjelang debat kedua nanti. Seperti diketahui, Gibran mendapat teguran setelah beranjak dari kursi dan ikut memprovokasi pendukung untuk lebih bersemangat saat pelaksanaan debat pertama.

Dalam rapat evaluasi, ungkap Hasyim, pihaknya sudah menyampaikan hal tersebut. Kepatuhan terhadap tata tertib harus lebih dipegang semua paslon. ”Dalam rapat evaluasi sudah kami sampaikan hal-hal yang dianggap tidak sesuai dengan ketentuan yang disepakati di awal,” ucapnya.

Dari hasil pembicaraan, Hasyim menyebut semua tim pasangan calon sudah menyepakati hal tersebut, yakni peneguhan komitmen supaya tertib terhadap aturan. Dia berharap kasus serupa tidak terjadi lagi.

Di sisi lain, tiga cawapres mematangkan persiapan menjelang debat kedua. Juru Bicara Tim Nasional (Timnas) Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Amin) Irvan Pulungan mengatakan, pihaknya menyiapkan workshop untuk Muhaimin sebagai persiapan menghadapi debat. Tidak hanya menyiapkan materi, workshop juga berisi latihan menyampaikan dan mengartikulasikan visi-misi pasangan Amin dalam debat.

Adanya persiapan itu, jelas Irvan, untuk memudahkan Muhaimin dalam menjangkau materi debat. Khusus materi di sektor ekonomi yang berkaitan dengan kebijakan-kebijakan pemerintah, Irvan menyebut posisi Muhaimin tetap akan dalam konteks perubahan.

Tidak terkecuali kebijakan yang kontroversial seperti pengesahan UU Cipta Kerja (Ciptaker), di mana partai yang dipimpin Muhaimin berada dalam gerbong pemerintah. ”Dalam konteks perubahan itu kami ingin melihatnya (kebijakan pemerintah, Red) sebagai proses bernegara,” ungkapnya.

Irvan menegaskan, posisi Muhaimin tetap akan objektif dalam melihat kebijakan-kebijakan yang dibuat Joko Widodo-Ma’ruf Amin kendati PKB berada di kubu pemerintahan. Dalam konteks perubahan, terang dia, tidak semua peraturan yang sudah ada akan direvisi. ”Tentunya ada kebijakan-kebijakan yang memang secara konseptual perlu direvisi,” tuturnya.

Calon nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka juga melakukan persiapan senada. ”Tinggal pematangan-pematangan saja,” kata Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran Ahmad Muzani di kompleks Istana Wakil Presiden, Selasa, 19 Desember 2023. Bahan yang disiapkan tidak lepas dari tema yang ditentukan. Seperti soal ekonomi, infrastruktur, serta isu perkotaan.

Sebagai wali kota, terang Muzani, Gibran sudah sangat menguasai isu-isu tersebut. Termasuk memahami problematika serta solusinya. Muzani juga merespons bahwa Gibran diremehkan menjelang debat perdananya. ”Nggak apa-apa. Diremehin biarin saja,” tuturnya.

Sementara itu, cawapres nomor urut 3, Mohammad Mahfud MD menyampaikan kesiapannya untuk debat. Meski tema yang dibahas berkaitan dengan ekonomi, tokoh yang berpengalaman dalam bidang hukum itu tidak ambil pusing. ”Pokoknya saya datang. Mau ditanya apa, saya jawab. Kan gitu aja,” ucapnya.(*)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular