Kamis, Februari 22, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Masuk Lima Besar Tokoh Perempuan Paling Berpengaruh di Dunia

KORANUSANTARA –Taylor Swift menjadi satu-satunya artis di deretan lima besar daftar 100 Tokoh Perempuan Paling Berpengaruh di Dunia versi Forbes. Dalam daftar yang diungkap awal pekan ini, peringkat solois tersebut naik drastis. Dari posisi ke-79 tahun lalu menjadi ke-5.

Melalui ulasannya, tim editor Forbes menilai, Swift merupakan sosok yang berdikari. Selama 17 tahun kariernya, pelantun Cruel Summer itu juga memiliki pengaruh besar dalam aspek budaya, ekonomi, bahkan politik. Puncaknya, pada Oktober 2023, Eras Tour mengantarnya menjadi miliarder. Tidak banyak musisi yang mampu mencapai pendapatan 10 digit. Mengutip Forbes, musisi yang mampu mencapai titik tersebut hanya Jay-Z serta Rihanna.

Pakar ekonomi dan profesor University of Chicago Carolyn Sloan menyatakan, Swift ibarat perusahaan besar multisektoral. ’’Sejak lama, audiensnya sering kali disepelekan karena didominasi anak muda dan perempuan. Padahal, hal itu secara ekonomi berdampak amat besar. Sekarang, kurasa tidak akan ada yang menyangsikan itu,” ungkapnya.

Di daftar lima besar Forbes, nama Swift ada di bawah Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen, Presiden Bank Sentral Eropa Christine Lagarde, Wapres USA Kamala Harris, dan Perdana Menteri Italia Giorgia Meloni.

Ahli branding serta pendiri agensi pemasaran Hollywood Branded Stacy Jones menuturkan, meski berada di atas Swift, keempatnya dianggap tak mampu membawa pengaruh semasif Swift. ’’Orang-orang dengan jabatan dan kekuasaan tinggi memang sangat berpengaruh, tapi mereka tidak akan mampu mengubah dunia sebagaimana yang dilakukan Taylor Swift,” imbuhnya. (*)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular