Sabtu, April 13, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Masih Jualan di Medsos, Pemerintah Ancam Cabut Izin TikTok Shop

JAKARTA – Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengancam untuk mencabut izin usaha TikTok Shop. Mengingat, paltform penjualan online tersebut masih melakukan praktik nakal jual beli di platform media sosial TikTok.

“Ya, ada ketentuan boleh dicabut izinnya,” kata Teten Masduki kepada awak media di Menara Brilian, Jakarta, Kamis (7/3/2024).

Padahal, dalam Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 31 Tahun 2023 tentang Perizinan Berusaha, Periklanan, Pembinaan, dan Pengawasan Pelaku Usaha Dalam Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (PPMSE). TikTok Shop dilarang keras untuk melakukan praktik jual beli dalam paltform sosial media.

“Karena kita dengan Permendag 31 2023 itu kan multichannel. Coba Anda beli di TikTok Shop, pasti bukan ke Tokopedia tapi ke TikTok Shop, itu completely melanggar,” tegasnya.

Selain belum mematuhi aturan pemisahan e-commerce dengan media sosial. TikTok Shop juga masih menerapkan praktek predatory pricing (jual rugi) yang menurunkan daya saing bisnis  UMKM lokal.

“Kedua, main harga. Kan sudah diatur kan main harga ini jangan sampai memukul UMKM,” bebernya.
Meski demikian, pemerintah masih mempertimbangkan kepentingan investasi dibalik rencana penutupan TikTok Shop.

Untuk itu, pemerintah akan bersikap persuasif kepada pihak TikTok Shop untuk segera mengikuti aturan yang berlaku.

“Tapi kan tentu kita kan ini kepentingan investasi juga, lebih baik mereka diajak supaya combile. Pasti mereka butuh berjualan di Indonesia kok, pasar kita 270 juta, mana ada yang sebesar ini, pasti mereka mau lah,” ungkapnya.

Di sisi lain, pemerintah juga akan bersikap tegas untuk mencabut izin usaha TikTok Shop jika tak mau mengikuti aturan hukum di Indonesia. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kepatuhan hukum pelaku usaha.

“Masalahnya kita berani tegas tidak, kalau pemerintah enggak konsisten ya kita enggak akan dihargai penegakan hukum kita,” tuturnya. (Lpt/KN)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular