Kamis, Februari 29, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Mantan Menko Perekonomian, Rizal Ramli Meninggal Dunia

JAKARTA – Kabar duka, mantan menko perekonomian dan ekonom Rizal Ramli meninggal dunia pada Selasa, (2/1/2024). Rizal Ramli meninggal pada usia 69 tahun di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo pukul 19.30 WIB.

Kabar tersebut disebarkan Juru Bicara Tim Pemenangan Nasional Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN) Tofa Lemon.

“Innalillahi wa innailaihi rojiun. Telah berpulang, bapak Rizal Ramli pada tanggal 2 Januari 2024 pukul 19.30 WIB di RSCM,” ujar Tofa dalam keterangannya, Selasa (2/1/2023).

Rizal Ramli meninggal dunia dengan meninggalkan tiga orang anak, tiga menantu, dan dua cucu. Tofa menyebut pihak keluarga Rizal Ramli meminta agar masyarakat memaafkan jika Rizal Ramli memiliki kesalahan selama hidupnya.

“Kami segenap keluarga memohon maaf jika ada kesalahan beliau selama hidupnya,” kata dia.

Dikutip dari laman ekon.go.id, Rizal Ramli lahir di Padang, Sumatera Barat pada 10 Desember 1954. Rizal Ramli seorang mantan tokoh pergerakan mahasiwa, ahli ekonomi dan politisi Indonesia.

Pada tingkat internasional, Rizal Ramli pernah dipercaya sebagai anggota tim panel penasehat ekonomi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) bersama beberapa ekonom dari berbagai negara lainnya. Lantaran ia ingin fokus mengabdi pada negara dan bangsa Indonesia, Doktor Ekonomi Boston University ini pernah menolak jabatan internasional sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) Ekonomic & Social Commision of Asia and Pacific (ESCAP) yang ditawarkan PBB pada November 2013.

Sedangkan dalam pemerintahan, pria lulusan S-1 Jurusan Teknik Fisika ITB ini pernah menjabat sejumlah posisi penting. Rizal Ramli pernah menjabat sebagai menteri di era Presiden Abdurrahmah Wahid (Gus Dur) dan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Pada era Gus Dur, ia pernah menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) dan Menteri Keuangan Indonesia pada Kabinet Persatuan Nasional pada masa pemerintahan Presiden Abdurrahman Wahid.

Sedangkan pada era Presiden Jokowi, Rizal Ramli pernah menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia. Pada 27 Juli 2016, jabatan Rizal Ramli sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman digantikan oleh Luhut B. Panjaitan.

Selain itu, Rizal Ramli juga pernah beberapa kali dipercaya sebagai komisaris utama Badan Usaha Milik Nasional (BUMN), di antaranya PT. Semen Gresik dan Bank Nasional Indonesia. Rizal Ramli juga pernah dipercaya sebagai Ketua Umum Kamar Dagang Indonesia (Kadin) tandingan pada September 2013. (Lpt/KN)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular