Sabtu, Juni 22, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Manggung di Jazz Gunung Bromo, Salma Bawakan Rungkad, Deredia Bagikan Bala-bala

KORANUSANTARA – Jazz Gunung Bromo kembali hadir menyapa para pecinta musik Tanah Air. Jazz Gunung Bromo akan diselenggarakan di Amfiteater Jiwa Jawa Resort Bromo, Probolinggo, Jawa Timur pada 21-22 Juli 2023.

Bertajuk Indahnya Jazz, Merdunya Gunung, Jazz Gunung Bromo 2023 akan menghadirkan deretan musisi ternama Indonesia. Di hari pertama, Jazz Gunung Bromo 2023 akan dibuka oleh penampilan juara Indonesian Idol XII, Salma Salsabila. Dia bakal menghibur pengunjung Jazz Gunung Bromo 2023 sebagai penampilan pembuka.

Lalu, ada juga penampilan Deredia yang siap memanjakan penonton Jazz Gunung Bromo 2023 hari pertama. ’’Ini event jazz yang memang aku pengen dari dulu. Diselenggarakan di kota kelahiran dan saya bisa jadi pembukanya,’’’ ungkap Salma dari atas panggung setelah selesai menyanyikan Seperti Yang Kau Minta.

Panggung Indonesian Idol memperlihatkan bahwa penyanyi 21 tahun itu seorang ’’pengelana”. Dengan tingginya jangkauan vokalnya, dia bisa luwes menjelajah lintas genre, menawarkan kebaruan terhadap semua lagu yang dia nyanyikan atau interpretasikan.

Rungkad, salah satunya, yang melambungkan namanya di Indonesian Idol dan juga dia tampilkan di Jazz Bromo 2023. Penyanyi bernama lengkap Salma Salsabil ’Aliyah Putri Mandaya tersebut membawa Rungkad dari ’’rumah” asalnya di dangdut melintas ke rumah barunya di jazz tanpa kehilangan energi dangdutnya.

Aransemen yang menyelimutinya semakin membuat Rungkad versi Jazz Bromo terasa sangat mewah. Saksofon menggantikan seruling khas dangdut berpadu dengan kelincahan permainan kibor.

Total lima lagu ditampilkan mahasiswi ISI Jogjakarta tersebut. ’’Ini pengalaman yang sangat luar biasa bagi saya. Bisa ngomong bahasa Jawa, penonton nyanyi bersama, akhirnya saya tutup dengan Rungkad entek-entekan itu tadi,’’ ucapnya.

Tak kalah menarik performa Deredia yang tampil dengan menyuguhkan bala-bala. Mereka tak hanya memainkan komposisi, tapi juga membagikan makanan bernama sama dengan judul lagu ke penonton.

’’Waah, lihatlah, satu makanan saja punya nama bermacam-macam di Indonesia. Kami mengenal dengan bala-bala, di sini tirem. Sungguh kaya sekali Indonesia ini,’’ kata sang vokalis, Louise Monique.

Bala-bala yang dibagikan pun begitu nikmat didengar dan dinikmati langsung oleh penonton. Aksi energik dari Monique juga membuat udara dingin di kawasan Bromo tidak terasa.

Mus Mujiono feat Sweetswingnoff dan Atiek CB yang diajak kolaborasi dengan Blue Fire Project Bintang Indiarto menyusul kemudian. ’’Event seperti ini mampu membuat musik jazz di Indonesia terus eksis,’’ tutur musisi yang dijuluki George Benson-nya Indonesia berkat teknik skating-nya itu.

Ada pula penampilan musisi jazz internasional Henk Kraaijeveld Quintet. Dan, Ardhito Pramono menjadi penutup pada hari pertama. Hari ini sederet nama tenar akan manggung. Yura Yunita, Ring of Fire Project feat Denny Caknan, Margie Segers, dan Ermy Kulit feat Yongkeys di antaranya. Ada pula Varnasvara with Daniel Dynisius, Jeremy Ternoy Trio, serta Second Brain. (*)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular