Jumat, April 12, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Madri Pani: Usulan Kepala Kampung Harus Jadi Prioritas, Bukan Hanya Janji Politik

TANJUNG REDEB – Ketua DPRD Berau, Madri Pani menyayangkan banyaknya usulan kepala kampung yang belum direalisasikan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau. Para kepala kampung selalu menyampaikan usulan prioritas dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang).

“Kita sangat sayangkan setiap Musrenbang selalu ada kepala kampung yang menyuarakan aspirasinya belum direalisasikan pemerintah,” ungkapnya, Selasa (5/3/2024).

Menurut Madri, pemerintah hanya fokus dalam penyelesaian 18 program prioritas kepala daerah. Padahal, usulan yang disampaikan dalam Musrenbang banyak tidak diakomodasi dalam APBD murni maupun perubahan.

“Boleh saja fokus pada 18 program itu, tapi jangan sampai menutup mata dengan permintaan masyarakat kampung,” tegasnya.

Lanjutnya, usulan prioritas skala satu dari pihak kampung bisa diakomodasi. Namun, saat anggaran yang ada tidak mencukupi, maka Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) bisa merealisasikan satu dari sekian banyak usulan prioritas tersebut.

“Ini usulan prioritas skala satu mesti dijalankan betul-betul,” ungkapnya.

Politikus NasDem ini mengatakan jangan sampai program yang sudah diusulkan lewat Musrenbang tidak terealisasi. “Seharusnya usulan yang telah disampaikan seluruh kepala kampung menjadi target dalam penganggaran program di pemerintah,” imbuhnya.

“Boleh saja merealisasikan janji politik, tapi juga harus berpedoman kepada kebutuhan masyarakat melalui musrenbang. Sebab itu yang diinginkan dan diharapkan oleh masyarakat untuk direalisasikan,” pungkasnya. (adv)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular