Minggu, Mei 26, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Lurah Maluhu: Normalisasi Drainase Sangat Penting untuk Pengairan Pertanian

TENGGARONG – Sektor pertanian menjadi salah satu fokus yang dikerjakan di Kelurahan Maluhu, Kecamatan Tenggarong. Untuk kegiatan yang dilaksanakan pada APBD Perubahan (APBD-P) Kutai Kartanegara (Kukar) 2023 ini, akan mengerjakan normalisasi drainase dan jalan usaha tani.

Lurah Maluhu, Tri Joko Kuncoro, aliran anak Sungai Mahakam kira-kira sepanjang 2 kilometer (km) akan dilakukan normalisasi fungsinya. Anak sungai ini melalui kawasan di 5 Rukun Tetangga (RT), yakni mulai dari RT 1 hingga RT 5.

“Jadi itu alur sungai utama pertanian kami,” ungkap Tri Joko.

Kondisi sedimentasinya pun dirasa sudah sangat mengkhawatirkan. Aliran air yang juga sebagai sumber utama pengairan pertanian di Kelurahan Maluhu. Jika terjadi hujan dan debit air meluap, akan menimbulkan genangan.

“Dan itu lanjutannya sinergi dengan kelurahan lain, bermuara di saluran drainase di kawasan Stadion Rondong Demang, Tenggarong. Kami berharap ini bisa segera dikerjakan (dituntaskan),” lanjutnya.

Selain normalisasi drainase, juga mengerjakan jalan usaha tani. Juga ada pemenuhan alat mesin pertanian (alsintan), pupuk dan juga sapras pertanian lainnya. “Anggaran pertanian ini, Alhamdulillah apa yang jadi usulan (selalu) dipenuhi,” tutupnya. (ADV/KN)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular