Senin, Juli 15, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Kunjungan Kerja di Jawa Timur, Presiden Jokowi Serahkan BLT

KORANUSANTARA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja di sejumlah daerah di Jawa Timur. Dalam agendanya tersebut, Kepala Negara menghadiri perayaan Natal Nasional serta memantau harga kebutuhan bahan pokok.

Daerah pertama yang didatangi Jokowi adalah Banyuwangi. Di sana, Jokowi menyerahkan bantuan langsung tunai (BLT) di Kantor Pos Genteng dan Pasar Rogojampi, Rabu, 27 Desember 2023. ”BLT El Nino ini diberikan karena ada kenaikan harga barang. Beras naik sedikit. Dipakai untuk nutup itu,” jelas Jokowi.

BLT yang dibagikan sebesar Rp 400 ribu per orang. Selain dalam bentuk uang tunai, pemerintah menyalurkan bantuan pangan cadangan beras pemerintah sebanyak 10 kilogram per orang. ”Januari, Februari, dan Maret yang 10 kg dilanjutkan lagi,” ujar Jokowi.

Jokowi menyebutkan, secara keseluruhan ada 18 juta orang di Indonesia yang menerima BLT. Mereka disebut penerima manfaat. Jokowi yakin BLT itu akan meningkatkan daya beli masyarakat. ”Setelah penyaluran selesai, akan terlihat daya beli rakyat meningkat seperti apa,” katanya.

Dia juga memastikan cadangan pangan nasional dalam kondisi aman. Hingga akhir tahun ini, stok cadangan pangan nasional mencapai 1,4 juta ton. ”Biasanya hanya 800 ribu ton atau 1,2 juta ton. Ini sudah 1,4 juta ton. Ini akan ketambahan lagi,” ungkapnya.

Di Pasar Rogojampi, Jokowi juga memantau langsung harga bahan pokok. Salah satu yang dipantau adalah cabai kecil yang harga per kilogramnya mencapai Rp 75 ribu. Sementara, cabai besar dijual Rp 50 ribu per kilo. (*)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular