Minggu, Juni 16, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Kunjungan Kepala BNNP Kaltim ke Kantor Bupati Kukar: Sinergi Penanggulangan Narkoba

TENGGARONG – Ruang Eksekutif Kantor Bupati Kukar menjadi saksi pertemuan strategis antara Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) dan Badan Narkotika Nasional Provinsi Kalimantan Timur (BNNP Kaltim) pada hari Senin (6/5/2024). Kedatangan BNNP Kaltim mengemuka terkait dukungan fasilitas tanah hibah yang dimiliki oleh Pemkab Kukar. Rencananya, lahan tersebut akan dijadikan komplek perkantoran yang meliputi lapangan tembak, tempat rehabilitasi, unit K9, dan Unit penindakan dan Pengejaran BNN RI.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kukar, Sunggono, menyambut kedatangan Kepala BNNP Provinsi, Brigjen Rudi Hartono, dengan penuh kehormatan. “Hari ini kami kedatangan tamu kehormatan, yaitu Kepala BNNP Provinsi, Brigjen Rudi Hartono,” ungkapnya setelah pertemuan.

Dalam diskusi tersebut, Brigjen Rudi Hartono menguraikan maksud dan tujuannya untuk memohon dukungan dari pemerintah setempat. Sekda Sunggono menyatakan bahwa Pemkab Kukar mendukung seluruh program pemerintah pusat melalui BNNP. Meskipun demikian, terkait dengan lahan yang dimohonkan, Sekda menyarankan untuk melakukan peninjauan lapangan guna memastikan kelayakan lahan tersebut.

Lokasi yang diinginkan terletak di sekitar Semboja, khususnya di eks-lahan Singgugus dengan luas sekitar 90 hektare. Namun, sebagian lahan tersebut telah dialokasikan untuk kepentingan lain seperti Badan Intelijen Negara (BIN) dan Kejaksaan. “90 hektar, namun sebagian sudah diperuntukkan untuk lembaga-lembaga lain sebelumnya,” tambah Sekda.

Pada kesempatan itu, Sekda Kukar juga mengajak Kepala BNNP untuk mengunjungan gedung bekas rumah sakit AM Parikesit Tenggarong, disana ada lahan pemkab yang sebelumnya ditawarkan kepada BNNP Kaltim untuk dibangun lapas rehabilitasi narkoba.

Pemerintah daerah menyambut baik kunjungan ini dan siap berkolaborasi untuk memastikan kerjasama ini berdampak positif pada pembangunan Kukar, terutama dalam upaya penanggulangan narkoba.

Kunjungan ini diharapkan dapat memperkuat sinergi antara pemerintah daerah dan BNN dalam mengatasi peredaran narkoba di wilayah Kukar. (adv)

Penulis : Hanafi

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular