Selasa, Juni 18, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Kunjungan ke Tiongkok, Presiden Jokowi Bertemu Xi Jinping dan Sejumlah CEO

KORANUSANTARA – Presiden Joko Widodo bertolak ke Tiongkok, Kamis, 27 Juli 2023. Dalam kunjungan kerja tersebut, Presiden diagendakan bertemu Presiden Tiongkok Xi Jinping.

“Kunjungan ini juga bertepatan dengan 10 tahun kemitraan strategis komprehensif Indonesia dan Tiongkok,” kata Jokowi. Dirinya menyebut, Tiongkok sebagai mitra dagang dan investasi terbesar bagi Indonesia.

Saat bertemu dengan Xi Jinping, kedua Kepala Negara akan membahas berbagai agenda prioritas kedua negara hingga isu-isu global. “Baik di bidang investasi maupun berbagai proyek strategis Indonesia dan Tiongkok,” ucapnya. Isu perdanganan dan kesehatan juga menjadi rencana perbincangan keduanya.  “Biasanya untuk Laut Cina Selatan setiap bertemu dengan Persiden Xi selalu dibahas,” imbuhnya.

Dalam kunjungan ke Tiongkok, Jokowi juga akan bertemu dengan sejumlah CEO atau pemimpin perusahaan setempat. Menurut Presiden, perusahaan-perusahaan tersebut telah dan akan melakukan investasi di Indonesia. Jokowi membidik sektor hilirisasi industri, petrokimia, energi baru terbarukan, dan kesehatan.

Kunjungan itu juga membahas terkait kendaraan listrik. Menurut Jokowi pertemuan dengan CEO perusahaan ini merupakan waktu yang tepat untuk membicarakan kendaran listrik.

“Saya juga akan menghadiri pembukaan FISU World University Games untuk menyemangati kontingen kita yang juga berada di sana,” bebernya.

Rombongan sampai Tiongkok pada pukul 14.40 waktu setempat. Duta Besar RI untuk RRT Djauhari Oratmangun dan Atase Pertahanan KBRI Beijing Brigjen TNI (Mar) Benny P. Nadeak menyambut ketibaan rombongan.  Dari pihak RRT, Menteri Pendidikan RRT Huai Jinpeng, Duta Besar RRT untuk RI Lu Kang beserta istri, dan Gubernur Provinsi Sichuan Huangqiang juga menyambut.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengungkapkan kunjungan ke Tiongkok hanya berlangsung dua hari. “Program utamanya melakukan bilateral dengan Presiden Xi Jinping dan melakukan pertemuan dengan pebisnis besar,” ucapnya.

Hubungan Indonesia dan Tiongkok cukup dekat. Pada perhelayan G20 beberapa waktu lalu, Xi Jinping juga datang ke tanah air. Bahkan saat kembali terpilih menjadi pemimpin Tiongkok, Xi Jinping juga melakukan kunjungan bilateral ke Indonesia. Beberapa proyek besar Indonesia juga banyak yang kerjasama dengan Tiongkok. Salah satunya proyek kereta cepat Jakarta-Bandung. (*)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular