Rabu, April 17, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Kukar Giatkan Ekonomi Kreatif: Pelatihan SDM dan Sertifikasi Menguatkan Pariwisata Lokal

TENGGARONG – Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) terus menunjukkan komitmennya dalam pengembangan sektor pariwisata melalui Ekonomi Kreatif (Ekraf). Dinas Pariwisata (Dispar) Kukar intensif menggelar pelatihan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk mendukung pertumbuhan sektor seni pertunjukan.

Kukar, yang telah dianugerahi predikat kabupaten dan kota kreatif dengan subsektor unggulan di bidang seni pertunjukan, kini gencar meningkatkan inisiatif Ekraf. Langkah ini mencakup pelatihan sertifikasi pemandu wisata, sertifikasi penjamak makanan, dan sertifikasi fotografi.

Triyatma, Kabid Pemasaran Pariwisata Dispar Kukar, menyampaikan bahwa komitmen ini tidak hanya disuarakan di tingkat kabupaten tetapi juga diperluas melalui partisipasi dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) di tingkat kecamatan. Musrenbang di Kecamatan Muara Wis, Muara Muntai, dan Kota Bangun menjadi wadah untuk menghadirkan program-program peningkatan SDM Ekraf.

“Kemarin di Kecamatan Muara Wis, Muara  Muntai dan Kota Bangun, kami dispar menawarkan program, salah satunya program peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) untuk pelaku ekraf dan pelaku industri priwisata,” jelas Triyatma.

“Dispar Kukar memberikan program ini karena disanakan juga ada pelaku industri priwisata dan ekraf, dan itu mempengaruhi pengembangan pariwisata karena itu perlu kita perhatikan,” tambahnya.

Respon positif dari masyarakat terhadap upaya Dispar Kukar menjadi landasan kuat dalam melanjutkan program-program ini. Triyatma menegaskan bahwa pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak kecamatan untuk menetapkan mekanisme sertifikasi dan memilih perwakilan peserta yang berminat mengikuti pelatihan ini.

“ Jadi kalo kita ingin meminta orang atau peserta untuk mengikuti pelatihan tentunya camat setempat harus tau siapa orangnya, Dengan catatan yang penting nanti dari kecamatan suratnya,” pungkasnya. (adv)

Pewarta : Hanafi
Editor :

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular