Senin, Juni 17, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Kredit Kukar Idaman Bunga Nol Persen untuk Masyarakat Diapresiasi OJK

KUTAI KARTANEGARA – Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah menerima Audiensi Direktur Pengembangan Inklusi Keuangan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Pusat Edwin Nurhadi bersama rombongan, Rabu (24/5/2023) pagi di Ruang Eksekutif Kantor Bupati, Tengggarong.

Dalam audiensi tersebut, Bupati Kukar Edi Damansyah didampingi Sekda Kukar Dr. Sunggono, Asisten III Setkab Kukar Wiyono, Kepala BPKAD Sukotjo, Kadis Koperasi dan UKM Tajudin dan hadir juga Kepala Bankaltimtara Amuniantoyo dan lainnya.

“Selamat datang di Kabupaten Kutai Kartanegara Direktur Pengembangan Inklusi Keuangan OJK beserta jajarannya,” sambut bupati Edi Damansyah.

Dalam kesempatan itu, bupati Edi Damansyah menjelaskan pemkab Kukar telah mengeluarkan kebijakan dalam mempermudah akses permodalan bagi masyarakat Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) melalui program ‘Kredit Kukar Idaman’ tanpa anggunan atau bunga nol persen.

“Pemkab Kukar telah menyalurkan dana kredit Rp18 Miliar di Bankaltimtara untuk masyarakat yang membutuhkannya melalui Kredit Kukar Idaman. Tentunya ini akan memberikan akses kemudahan bagi masyarakat dalam menambah permodalan usahanya,” ujarnya.

Menurut Edi Damansyah kemudahan akses permodalan bagi UMKM, salah satu langkah pemkab Kukar dalam melawan rentenir yang begitu masif di masyarakat dalam menjajakan permodalannya.

“Kredit Kukar Idaman ini sebagai bagian dalam melawan rentenir dengan memberikan kemudahan akses kredit permodalan bagi masyarakat dengan bunga nol persen melalalui Dinas Koperasi dan UKM yang disalurkan perbankan Bankaltimtara,” jelasnya.

Bahkan tambah Edi Damansyah berharap kehadiran OJK di Kukar dapat memberikan penguatan dari hasil evaluasi terhadap program Kredit Kukar Idaman yang sudah dijalankan selama ini, kendati masih mengalami kendala seperti belum secara masifnya disosialisasikan kepada masyarakat terutama peran perbankan Kaltimtara.

“Saya berharap dari hasil evaluasi, OJK dapat memberikan penguatan dan arahan terkait Kredit Kukar Idaman termasuk kredit yang menyasar pada kelompok tani. Ini sangat dibutuhkan masyarakat, bahkan pemkab Kukar siap menambah pagu anggarannya,” jelas Edi Damansyah.

Sementara itu Direktur Inklusi Keuangan OJK Pusat Edwin Nurhadi mengapresiasi atas program yang luar biasa pemkab Kukar melalui Kredit Kukar Idaman dengan bunga nol persen bagi masyarakat.

“Saya mengapresiasi atas kebijakan bapak bupati (Edi Damansyah-red) dalam memberikan kemudahan akses kredit permodalan bagi UMKM di Kukar. Tentunya ini menjadi rool model secara nasional dan harus terus didukung dalam pengembangannya,” kata Edwin mengungkapkan kegembiraannya bisa berkunjung ke Kukar.

Bahkan dikatakan Ediwin apa yang diprogramkan bupati harus terus di dorong termasuk dalam memastikan ekosistem keuangan pedesaan agar masyarakat tidak terjebak dalam pinjaman onlin (pinjol) ilegal dan rentenir lainnya.

“Perlu dilakukan sosialisasi ke masyarakat hingga level bawah dalam akses keuangan, bila diperlukan dapat dibentuk satu desa satu agen keuangan, sehingga memudahkan masyakat dalam mengakses informasi Kredit Kukar Idaman dan dirasakan manfaatnya secara utuh oleh masyarakat,” demikian saran Edwin. (kn)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular