Minggu, Juli 14, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

KPU Pastikan Persiapan Debat Perdana, Durasi Maksimal 120 Menit

KORANUSANTARA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah memastikan komposisi panelis dan moderator untuk debat pilpres edisi perdana. Sebanyak 11 nama akan bertugas menguliti visi-misi dan gagasan ketiga pasangan  calon presiden dan wakil presiden.

Mereka adalah  Mada Sukmajati (dosen Fisipol Universitas Gadjah Mada), Rudi Rohi (dosen Ilmu Politik Universitas Nusa Cendana Kupang), Lita Tyesta Addy Listya Wardhani (dosen Hukum Tata Negara Universitas Diponegoro), Khairul Fahmi (dosen Hukum Universitas Andalas), dan Agus Riewanto (dosen Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta). Serta Susi Dwi Harijanti (dosen Ilmu Hukum Universitas Padjadjaran), Bayu Dwi Anggono (dekan Fakultas Hukum Universitas Jember), Ahmad Taufan Damanik (mantan ketua Komnas HAM), Al Makin (rektor Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga), Gun Gun Heryanto (dosen Komunikasi dan Penyiaran Islam Universitas IslamNegeri Syarif Hidayatullah Jakarta), dan Wawan Mas’udi (dosen Fisipol UGM)

Debat yang diagendakan Senin, 11 Desember 2023 itu akan dipandu dua news anchor TVRI, yakni Ardianto Wijaya dan Valerina Daniel.

Selain persiapan acara inti, KPU berkoordinasi dengan kepolisian untuk teknis pengamanan. Rencananya, selama debat berlangsung, Jalan Imam Bonjol yang membentang di depan gedung KPU ditutup.

Komisioner KPU August Mellaz menjelaskan, persiapan mengenai teknis acara, termasuk urusan keamanan, dibahas secara internal. Yang jelas, kata dia, KPU terus mematangkan persiapan acara tersebut. Mulai tema debat, persiapan panelis dan moderator, hingga alur acara. Sedangkan untuk format debat, August memastikan tidak ada perubahan.

Khusus durasi debat, menurut August, berlangsung selama 120 menit. Karena disiarkan secara langsung di sejumlah stasiun TV, perhitungan durasi akan dimulai tepat waktu. Yakni, pukul 19.00. Acara debat diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. ”Sampai nanti penutup itu durasi waktunya 120 menit,” kata August.

Acara debat rencananya dibagi dalam enam segmen. Jika ditambah dengan durasi iklan layanan masyarakat selama 30 menit, total durasi dari awal hingga akhir menjadi 150 menit. (*)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular