Kamis, Februari 22, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

KPU Jamin Independesi 2 Panelis dari Unhan

JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) menjamin integritas dan independensi kesebelas panelis yang telah ditunjuk pada setiap gelaran debat pilpres, termasuk pada debat pilpres ketiga yang akan mempertemukan para calon presiden (capres) untuk kedua kalinya.

Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari menyampaikan pernyataan tersebut guna menjawab polemik terkait dua panelis pada debat pilpres ketiga yang berasal dari Universitas Pertahanan (Unhan) dan terafiliasi di bawah Kementerian Pertahanan.

Sebagaimana diketahui, Kementerian Pertahanan sampai saat ini masih dipimpin oleh calon presiden nomor urut dua, yaitu Prabowo Subianto.

“Panelis ini bisa berasal dari berbagai macam kelembagaan, tapi kami meyakini beliau-beliau ini punya kapasitas, punya integritas akademik yang dijaga atau dipertahankan,” kata Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Jumat (5/1/2024).

Hasyim menambahkan berbagai hal yang berkaitan dengan panelis, termasuk asal lembaga atau institusi telah disampaikan kepada masing-masing tim sukses paslon maupun stasiun televisi penyelenggara dalam rapat persiapan debat.

Bukan hanya itu, ia juga menjelaskan setiap pertanyaan yang telah dibuat oleh kesebelas panelis nantinya diambil dengan mekanisme undi secara bertingkat oleh para capres guna menjamin transparansi dan independensi gelaran debat.

Karena itu, ia meminta semua pihak tidak meragukan independensi dan netralitas kesebelas panelis.

Pada kesempatan yang sama, anggota KPU RI August Mellaz menambahkan kesebelas panelis juga telah menandatangani pakta integritas dan sederet pertanyaan analisis guna memastikan para panelis tidak menjadi bagian dari timses salah satu paslon.

“Saya ingin menegaskan lagi untuk urusan panelis debat ketiga ini, mereka memang kita cari, kita konfirmasi berdasarkan kualifikasi kompetensi dan latar belakang yang sesuai dengan tema debat ketiga,” jelas Mellaz.

Adapun debat pilpres ketiga akan diselenggarakan di Istora Senayan pada tanggal 7 Januari 2024 dan ditayangkan di Garuda TV serta jaringan MNC Group, yakni MNC TV, RCTI, Global TV, dan iNews TV mulai pukul 19.00 WIB.

Debat yang akan mempertemukan para capres untuk kedua kalinya tersebut mengangkat tema seputar pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik, dan politik luar negeri.

KPU RI telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024. (Ant/KN)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular