Sabtu, Juli 13, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Komisi III Dorong Dishub Berau Percepat Pembangunan Jetty Apung Pelabuhan Sidayang

TANJUNG REDEB – Ketua Komisi III DPRD Berau Saga berharap peran aktif Dinas Perhubungan (Dishub) Berau. Utamanya dalam percepatan pembangunan jetty (dermaga) apung di Pelabuhan Sidayang, Kampung Tanjung Batu, Kecamatan Pulau Derawan.

Pasalnya saat ini jetty apung di Pelabuhan Sidayang masih meminjam milik Pulau Derawan. Nantinya jelas perlu dikembalikan jika sudah terbangun jetty apung yang baru. Pemkab Berau saat ini sedang mengusahakan untuk pengadaan jetty apung untuk Pelabuhan Sidayang menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Perubahan Berau 2023.

“Saat ini memang Pelabuhan Sidayang lebih fokus untuk penanganan jetty atau dermaga apungnya,” ucapnya, Jumat, 29 September 2023.

Dijelaskannya, Pelabuhan Sidayang merupakan warisan PON XVII/2008 Kaltim. Yang mana perlu dijaga agar dapat dipakai dalam jangka waktu yang panjang. Apalagi saat ini juga dipakai untuk pendaratan speedboat wisatawan menuju ke Pulau Derawan.

“Yang sekarang ini kita gunakan untuk salah satu pendaratan para wisatawan. Supaya ada kenyamanan dari wisawatan yang berkunjung ke Pulau Derawan melalui Pelabuhan Sidayang,” paparnya.

Dirinya berharap, pembangunan jetty apung Pelabuhan Sidayang dalam waktu dekat bisa segera diselesaikan. Sehingga, jetty apung milik Pulau Derawan juga bisa dikembalikan. “Mudah-mudahan dalam waktu dekat sudah selesai, maka jetty apung yang dipinjam bisa dikembalikan ke Derawan,” tuturnya.

Diungkapkannya, jetty yang dibangun tidak bisa permanen. Mengingat pendaratan speedboat di sana mengikuti naik surutnya air laut. Jika dermaga yang permanen untuk tambatan speed itu akan berbahaya. Maka jetty apung dipilih karena lebih fleksibel. “Tetap jetty apung karena itukan untuk pendaratan. Kalau speedboat merapat kesitu tentu akan lebih mudah mengikuti naik surutnya air laut,” tutupnya. (KN/ADV)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular