Minggu, Mei 26, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Komisi II DPRD Berau Ingatkan Selektif untuk Membagi Anggaran ke OPD

TANJUNG REDEB – Kepala daerah diharapkan Wakil Ketua Komisi II DPRD Berau, Wendy Lie Jaya selektif dalam membagi anggaran ke seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Menurutnya, seharusnya anggaran diprioritaskan ke OPD yang memiliki rencana kerja paling bermanfaat dan penting untuk masyarakat secara luas.

Dia membeberkan, saat pembahasan kebijakan umum APBD (KUA) dan PPAS beberapa waktu lalu, banyak program yang timbal balik ke masyarakat dalam jangka panjang sangat minim.

“Seharusnya program kerja yang mempunyai timbal baik untuk orang banyak perlu diprioritaskan. Seperti contoh penanganan TPA dan bantuan pertanian untuk meningkatkan produktivitas petani,” katanya.

Wendy juga menyebut, mengenai bantuan untuk pertanian, Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Berau mengharapkan bantuan dari Pokok Pikiran (Pokir) anggota DPRD. “Tetapi kalau dari dewan, jumlahnya itu terbatas. Berbeda jika proker tersebut masak ke dalam APBD,” terangnya.

“Karena pokir dewan tidak bisa disamakan dengan program kerja yang memang asalnya dari bupati, karena kami memiliki hak masing-masing untuk mengelola anggaran,” tambahnya.

Dengan demikian, visi dan misi kepala daerah yang masuk ke dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) menurut Wendy perlu selaras dengan program kerja OPD. Hanya saja kendala anggaran yang tidak sesuai membuat beberapa OPD kerap kesulitan saat akan action di lapangan.

“Tentu semua itu kan memakai anggaran, OPD nya ngeluh sama kami. Setelah kami telaah kondisinya juga begini (anggaran minim,red). Sementara yang sangat kami sayangkan ada OPD lain yang tidak begitu bermanfaat program kerjanya itu anggarannya besar,” pungkasnya. (ADV/KN)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular