Minggu, Mei 26, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Koalisi Indonesia Maju Yakin PKB Masih Sejalan

KORANUSANTARA– Pergantian nama koalisi, dari KKIR (Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya) menjadi KIM (Koalisi Indonesia Maju), membuat polemik. Pasalnya, PKB disebut tidak dilibatkan dalam pergantian nama tersebut.

Pengumuman itu terkesan dilakukan mendadak oleh Prabowo Subianto. Yakni, di acara perayaan HUT Ke-25 Partai Amanat Nasional (PAN) Senin, 28 Agustus 2023 malam. Di acara itu, hadir pula para pimpinan parpol pendukung ketua umum Gerindra tersebut. Merespons itu, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar berencana menyampaikan hal itu dalam rapat partainya.

Kendati demikian, PAN meyakini PKB tidak akan beranjak dari kesepakatan bersama. ’’Kami tak khawatir,’’ kata Sekretaris Jenderal DPP PAN Eddy Soeparno.

Eddy beralasan, komunikasi antara Gerindra, PAN, Golkar, dan PKB sudah berlangsung lama. Bukan hanya sama-sama sebagai partai pendukung pemerintah, di parlemen pun sangat akrab dan saling mengenal satu sama lain. ’’Kami sudah kenal begitu lama. Kerja sama politiknya juga sangat dekat, di DPR sangat erat,’’ imbuhnya.

Dia juga menangkap, selama ini ada spirit kebersamaan yang kuat di antara keempat parpol. Itulah yang melatarbelakangi kesepakatan kerja sama politik saat deklarasi beberapa pekan lalu. ’’Dengan kerja sama itu, kami akan mencapai target. Yakni, memenangkan Pak Prabowo sebagai presiden,’’ tegasnya.

Eddy pun percaya, soliditas itu akan berlangsung sampai Pemilu 2024. ’’Bahkan nanti kerja sama di parlemen setelah Pilpres 2024,’’ ucap politikus yang juga wakil ketua Komisi VII DPR tersebut.(*)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular