Jumat, Desember 8, 2023
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Kesiapan Anggana untuk Mengulur Naga pada Pesta Erau Adat Pelas Benua 2023

TENGGARONG – Jelang puncak Pesta Erau Adat Pelas Benua 2023, yakni proses Belimbur dan mengulur naga, Pemerintah Kecamatan Anggana terus melakukan persiapan. Memang diketahui, Kecamatan Anggana, tepatnya di Desa Kutai Lama, menjadi lokasi mengulur naga yang dibawa dari Keraton Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura (Museum Mulawarman), pada Minggu (1/10/2023).

Di antaranya melakukan persiapan untuk menyambut kedatangan pihak kesultanan yang nantinya membawa sepasang naga. Kemudian menyiapkan keamanan saat prosesi mengukur naga dilakukan dekat pelabuhan Desa Kutai Lama.

“Kami menyambut kedatangan kesultanan, kemudian menyiapkan keamanan terutama berkaitan dengan keselamatan saat mengulur naga. Karena ketika mengulur naga, masyarakat banyak berebutan mengambil sisik naga,” ujar Camat Anggana, Rendra Abadi.

Namun ia terus memberikan imbauan kepada masyarakat yang memenuhi area prosesi mengulur naga agar tetap mematuhi adat istiadat dan adab budaya. Agar tidak menyalahi dan menyimpang dari tradisi yang ada di Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura.

Selain itu, juga menggunakan air yang bersih dan layak untuk digunakan sebagai air Belimbur. Bahkan pihaknya sudah memasang beberapa panitia di beberapa titik di lokasi mengulur naga dan Belimbur. Sehingga ketika ada yang melanggar bisa langsung diamankan. “Persiapannya (keamanan dan lokasi) sudah matang juga,” tutup Rendra. (ADV)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular