Minggu, Mei 26, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Kesejahteraan Petani Prioritas, Peri Kombong Tekankan Implementasi Perda Perkebunan

TANJUNG REDEB – Ketua Komisi I DPRD Berau, Peri Kombong berharap Peraturan Daerah (Perda) pembangunan perkebunan berkelanjutan memberi dampak baik terjadap kesejahteraan pekebun dan petani.

Dia mengatakan, untuk memastikan keberlanjutan pembangunan perkebunan, diperlukan Perda yang mengatur persoalan tersebut. Terlebih sektor perkebunan berpotensi memberi kontribusi besar terhadap roda perekonomian Bumi Batiwakkal.

“Maka dari itu, Perda pembangunan perkebunan berkelanjutan ini harus benar-benar diimplementasikan dan dilaksanakan sesuai program,” tuturnya.

Dirinya menambahkan, jika Perda itu diimpelementasikan dengan baik, maka tidak menutup kemungkinan meningkatkan kesejahteraan pekebun dan petani yang ada.

Lebih lanjut, Peri menjelaskan bahwa perda ini juga diharapkan mencakup berbagai aspek pembangunan perkebunan yang berkelanjutan. Seperti penggunaan sumber daya alam secara bijaksana, pemenuhan syarat keamanan dan keselamatan bagi petani, serta perlindungan lingkungan dalam proses produksi perkebunan.

“Tak kalah penting, Perda ini diharapkan memberikan jaminan kelestarian lingkungan hidup serta menghindari imbas pengalihan fungsi lahan,” bebernya.

Politikus Gerindra ini menegaskan, Perda tersebut akan dilakukan pengawasan dan evaluasi. Tujuannya untuk memastikan bahwa Perda itu disahkan agar bermanfaat kepada pekebun serta petani.

Dengan adanya upaya dari DPRD Berau dalam menyusun perda pembangunan perkebunan berkelanjutan, diharapkan akan terjadi peningkatan kesejahteraan bagi petani dan masyarakat setempat.

“Keberhasilan perda ini nantinya dapat membantu meningkatkan produktivitas dan kualitas perkebunan. Sehingga sektor perkebunan dapat memberikan kontribusi yang lebih besar terhadap perekonomian Berau,” tandasnya. (ADV/KN)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular