Sabtu, Juni 22, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

KemenPUPR dan Kemenhub Bagi Tugas Bangun Bandara VVIP

JAKARTA – Keberadaan bandara menjadi penting untuk menunjang Ibu Kota Nusantara (IKN). Pemerintah sendiri sangat serius dalam penggarapannya. Bahkan, bandara yang akan dibangun nantinya berstatus very very important person (VVIP). Hal tersebut berdasarkan Peraturan Presiden nomor 31 tahun 2023 tentang Percepatan Pembangunan dan Pengoperasian Bandara Udara Very Very Important Person untuk Mendukung Ibu Kota Baru.

Pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Nusantara sendiri rencananya akan mulai dilakukan bertahap tahun depan. Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati Pohan mengatakan, pihaknya melakukan tahapan persiapan untuk membangun bandara VVIP di IKN. Khususnya adalah menyelesaikan status tanah dan penyiapan rencana kegiatan pembangunan.

“Saat ini masih dalam tahapan persiapan dengan melihat regulasi yang ada terutama status tanah dan penyiapan TOR (term of reference) kegiatan, dengan memerhatikan detail kondisi lapangan seperti analisis umum kontur dan lainnya,” jelas Adita, Minggu, 18 Juni 2023.

Dalam Pepres tersebut, Kementerian Perhubungan dan Kementerian PUPR menjadi pihak yang memiliki tugas utama dalam rangka pembangunan dan pengoperasian bandara VVIP di IKN.

“Menindaklanjuti terbitnya Perpres yang dimaksud, koordinasi sudah kami lakukan dengan PUPR. Utamanya mengembangkan tahapan konsep pelaksanaan dalam rangka mendapatkan hasil yang optimal dari pelaksanaan pembangunan dan juga pengoperasian,” ungkap Adita.

Di masa pembangunannya, Kementerian PUPR dan Kementerian Perhubungan mendapatkan tugas paling utama. Pelaksanaan penugasan pembangunan itu meliputi perencanaan teknis, pengadaan tanah, pelaksanaan konstruksi, pengoperasian, pemeliharaan, hingga pendanaan.

Dalam beleid itu juga dijelaskan lokasi pembangunan bandara VVIP di IKN. Bandara itu rencananya bakal dibangun di Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara.

Sementara itu, Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis Hidayat Sumadilaga pernah mengungkapkan lokasi detail pembantu bandara VVIP IKN. Dia mengatakan, rencananya pembangunan bandara di IKN akan dilakukan berada di dekat area Jembatan Pulau Balang.

“Itu sebagian itu lokasinya adalah untuk bandara itu adalah yang di daerah area dekat Jembatan Pulau Balang, sebelah bawahnya, itu lokasinya. Nah, itu sementara areanya sedang disiapkan,” tutur Danis.

Yang jelas, posisi Bandara VVIP dijamin tidak akan jauh dari kawasan inti pusat pemerintahan di IKN. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pernah mengatakan kemungkinan lokasi bandara VVIP hanya sekitar 10-15 kilometer saja dari pusat pemerintahan di Nusantara.

Sementara itu, untuk pendanaan untuk penugasan pembangunan dan pengoperasian bandara VVIP bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) ataupun sumber lain yang sah dan tidak mengikat sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Dalam Perpres 31 tahun 2023, Jokowi juga menugaskan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati untuk ikut memberikan dukungan penganggaran untuk proyek bandara VVIP ini. Namun, dalam Perpres 31 tahun 2023 tidak disebut berapa besar kebutuhan dana membangun bandara VVIP IKN.

Di sisi lain, saat masa konstruksi nantinya pemilihan penyedia jasa konsultan perencana teknis dan atau perencana desain teknis dilakukan melalui penunjukan langsung dalam proses pengadaan barang/jasa pemerintah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.(kn) 

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular