Senin, April 22, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Kemenkeu : THR dan Gaji ke-13 ASN Cair pada H-10 Lebaran

JAKARTA – Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan, Isa Rachmatarwata memastikan pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) dan gaji ke-13 tahun ini akan diberikan kepada Aparatur Negara, Pensiunan, Penerima Pensiun, dan Penerima Tunjangan.

Untuk pemberian THR bagi ASN, kata Isa, akan disalurkan pada 10 hari sebelum hari raya Idul Fitri tahun ini. Namun, memang idealnya,  pencairan THR bisa dirasakan lebih cepat untuk ASN.

“Memang pembayarannya untuk THR 10 hari kerja sebelum Idul Fitri, kira-kira pertengahan Ramadhan, idelanya memang di awal ramadhan kita sudah mendapatkan ketetapan mengenai berapa besarannya tersebut,” kata Isa dalam konferensi Pers APBN Kita Edisi Februari 2024, secara virtual, Kamis (22/2/2024).

Sementara, mengenai besarannya baik untuk THR dan gaji ke-13, Kementerian Keuangan masih menunggu pengumuman dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara langsung.

“Mengenai THR dan gaji ke-13 untuk besarannya kita tunggu penetapan dari bapak Presiden, yang mudah-mudahan di awal Ramadhan nanti kita sudah mengetahui bersama,” ujar dia.

Dikutip dari laman Kemenkeu, untuk tahun lalu besaran THR yang diberikan yaitu sebesar gaji/pensiun pokok dan tunjangan yang melekat pada gaji/pensiun pokok (tunjangan keluarga, tunjangan pangan, tunjangan jabatan struktural/fungsional/umum), dan 50 persen tunjangan kinerja per bulan bagi yang mendapatkan tunjangan kinerja.

Untuk Instansi Pemerintah Daerah, paling banyak 50 persen tambahan penghasilan dengan memperhatikan kemampuan kapasitas fiskal daerah dan sesuai peraturan perundang-undangan. Sementara itu, untuk guru dan dosen yang tidak mendapatkan tunjangan kinerja/tambahan penghasilan diberikan 50 persen tunjangan profesi guru serta 50 persen tunjangan profesi dosen.

Kebijakan pemberian THR ini merupakan bagian dari instrumen dalam APBN sebagai upaya menjaga momentum pemulihan ekonomi nasional menuju normalisasi aktivitas masyarakat. Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri merupakan salah satu momentum untuk mendorong pertumbuhan konsumsi masyarakat termasuk melalui pemberian THR bagi karyawan, aparatur negara, dan pensiunan.

Sebelumnya diberitakan, Aparatur Sipil Negara (ASN) kembali mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR) pada masa Lebaran 2024 ini. Hal ini dipastikan Menteri Keuangan Sri Mulyani usai melaporkan rencana pencairan THR dan gaji ke-13 ke Jokowi.

Saat ini, Kementeian Keuangan tengah mempersiapkan dasar aturannya untuk bisa mencairkan THR dan Gaji ke-13 dari yang sudah dianggarkan di APBN 2024. (Lpt/KN)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular