Senin, Juli 15, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Kedaulatan Pangan Jadi Fokus PDIP, Ganjar: Kita Harus Gaspol!

KORANUSANTARA – PDI Perjuangan (PDIP) menatap serius Pemilu 2024. Salah satunya dengan menggelar Rakernas IV yang dimulai, Jumat, 29 September 2023. Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menyatakan, pihaknya telah merancang ulang desain pembangunan pangan masa depan. Menurutnya, kebijakan pangan nasional harus mengakar pada komitmen ideologi. “Agar Indonesia bisa benar-benar berdaulat di bidang pangan dengan cara berdiri di atas kaki sendiri,” terangnya saat membuka rakernas di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Dalam momen tersebut, Presiden Joko Widodo (Jokowi), bakal calon presiden PDIP Ganjar Pranowo, Wakil Presiden Maruf Amin, para pimpinan parpol koalisi pendukung Ganjar, dan sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju tampak hadir.

Presiden kelima itu yakin Indonesia bisa berdaulat di bidang pangan. Menurut dia, pangan bisa menjadi lambang supremasi kepemimpinan Indonesia bagi dunia. Dia mengajak para kadernya percaya bahwa bangsa Indonesia bisa mandiri dengan kebijakan tersebut.

Megawati mengatakan, desain politik ekonomi pangan harus menempatkan petani dan nelayan sebagai sentral kebijakan. Itulah yang ditawarkan PDIP untuk Pemilu 2024. ’’Melalui campur tangan negara, petani dan nelayan bisa menjadi tuan di negerinya sendiri,’’ tegasnya.

Merespons Mega, Ganjar mengajak seluruh kader PDIP untuk bergerak cepat mewujudkan kedaulatan pangan dan menuju Indonesia emas. ’’Kita harus gaspol, tidak bisa kemudian kita pelan-pelan,’’ ucapnya.

Menurut dia, semangat gotong royong harus dikuatkan. Para kader dan relawan mesti turun bersama. Caranya dengan mengetuk pintu-pintu rumah untuk menyampaikan misi dan program partai.

Presiden Jokowi mengatakan sependapat dengan arahan Megawati. Menurut Jokowi, setelah nanti dilantik sebagai presiden, Ganjar harus langsung bekerja untuk mewujudkan kedaulatan pangan. Jadi, perencanaan harus disiapkan sejak sekarang. ’’Begitu dilantik, besok langsung masuk ke kerja kedaulatan pangan. Supaya swasembada pangan, ketahanan pangan, dan kedaulatan pangan itu betul-betul kita miliki,’’ tandasnya.(*)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular