Senin, Juli 15, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Kecamatan Tenggarong Seberang Bakal Bagun TPA Ditahun 2024

TENGGARONG – Atasi persoalan sampah, pemerintah Kecamatan Tenggarong Seberang berencana membangun Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di tahun 2024 mendatang. Setelah selama ini sampah dari Tenggarong Seberang selalu dibuang ke TPA Bekotok, Tenggarong.

Camat Tenggarong Seberang, Tego Yuwono, menjelaskan pihaknya telah menetapkan lokasi pembangunan TPA tersebut. Yakni akan dibangun di atas lahan pasca tambang PT Kitadin, yang berada di Desa Bangun Rejo.

“Prosesnya masih dalam tahap peninjauan dari Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) terkait indikator-indikator yang diperlukan,” terang Tego Yuwono, Kamis (2/10/2023).

Ia menambahkan, pemilihan lokasi sendiri ditetapkan jauh dari lokasi pemukiman warga. Dengan luasan lahan yang tersedia sekitar 2 hektare ini dilakukan, agar bau kurang sedap dari TPA tersebut tidak mengganggu warga setempat.

Dengan pembangunan TPA ini, Pemerintah Kecamatan Tenggarong Seberang berharap dapat mengurangi volume sampah yang dibuang, dan mengelola sampah yang masih memiliki nilai tambah, seperti plastik.

Proyek pembangunan TPA ini akan dilakukan dengan sinergi bersama Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK). Untuk memastikan bahwa kriteria TPA yang sesuai dengan standar akan diwujudkan.

“Harapannya adalah agar proyek pembangunan TPA ini dapat segera direalisasikan sehingga pembuangan sampah di Tenggarong Seberang dapat menjadi lebih efisien. Targetnya adalah pembangunan TPA akan selesai pada tahun 2024 mendatang.” pungkasnya. (Adv/KN)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular