Senin, Juni 17, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Karnaval Budaya Sambut IKN, Meriahkan HBKB di Jakarta

JAKARTA – Kaltim Exhibition 2023 yang digelar sejak Jumat, 23 Juni 2023 di Mall Sarinah, Jakarta resmi ditutup oleh Sekretaris Provinsi Kalimantan Timur Sri Wahyuni, Ahad, 25 Juni 2023. Acara berlangsung sangat meriah karena digelar bertepatan dengan momen car free day di Jalan M Thamrin.

Rupanya, di tepat tersebut digelar karnaval budaya saat berlangsungnya hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) di kawasan Bundaran HI, Jakarta. Tim Kesenian UPTD Taman Budaya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kaltim menggelar karnaval tersebut dalam rangka menyambut Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur

Penutupan Kaltim Exhibition 2023 tidak digelar dengan seremoni formal. Panitia hanya menyajikan beberapa tampilan seni budaya Kaltim seperti Tari Leleng, Hudoq dan beberapa permainan tradisional.

Kemasan acara ini sukses menarik masyarakat yang sedang berolahraga di Jalan Thamrin singgah untuk menyaksikan tampilan seni budaya Kaltim, ikut menari dan bermain.

“Konsep acara ini sangat sukses memanfaatkan momen car free day (HBKB). Banyak pesan yang bisa disampaikan tentang keragaman seni budaya Kaltim, termasuk juga tentang perkembangan IKN,” kata Sekprov Sri Wahyuni usai menutup acara yang diikuti instansi dan organisasi terkait di provinsi dan kabupaten/kota se-Kaltim.

Dari pengalaman ini, Sekprov Sri Wahyuni menyarankan kabupaten dan kota memanfaatkan momentum HBKB untuk melakukan promosi investasi dan seni budaya daerah.

“Biasanya kan ada delegasi kabupaten dan kota yang tampil di Anjungan Kaltim di Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Selain tampil di sana, saya rekomendasikan, Minggu bisa memanfaatkan momen car free day (HBKB) ini. Mungkin menyewa panggung luar Mall Sarinah dan masyarakat bisa ikut berinteraksi,” harapnya.

Sebelum penutupan Kaltim Exhibition 2023, Sekprov Sri Wahyuni juga sempat melakukan jalan sehat ke arah Jalan Sudirman berputar di Bundaran HI dan kembali ke Jalan Thamrin.

Setelah itu, bersama para pengunjung lainnya, Sekprov Sri Wahyuni ikut menikmati permainan tradisional seperti, belogo, betande, begasing, dan enggrang. Sekprov juga terlihat bidik bermain logo dan piawai bermain gasing. Panitia juga memberikan hadiah kepada pengunjung yang ikut bermain, termasuk anak-anak berupa manik-manik dan suvenir khas Kaltim.

Lebih spesial lagi, panitia memberikan dua tiket dan akomodasi gratis bagi pengunjung yang belum pernah ke Kaltim dan bisa menjawab benar pertanyaan yang diajukan Sekprov Sri Wahyuni. “Alhamudlillah bisa mendapat kesempatan berkunjung ke Kalimantan Timur. Semoga Kalimantan Timur semakin berjaya,” kata Dina meluapkan kegembiraannya. Pemenang lainnya juga seorang ibu bernama Rosta. Tampak hadir Kepala Dinas Pariwisata Kaltim Ahmad Herwansyah dan Kepala Badan Penghubung Provinsi Kaltim Raihan Fida Nuzband. (adpimprovkaltim/kn)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular