Minggu, Mei 26, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Kapolri Mutasi Dankorbrimob dan Enam Pimpinan Polda

KORANUSANTARA – Pergeseran posisi kembali terjadi di tubuh Polri. Sebanyak 55 personel, yang terdiri dari perwira tinggi dan perwira menengah, dimutasi. Dalam surat telegram nomor ST/2360/X/KEP./2023, yang diteken Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, jabatan tertinggi yang dimutasi adalah Dankorbrimob Komjen Anang Revandoko. Penggantinya adalah Irjen Imam Widodo.

Selanjutnya, untuk enam Kapolda, seorang di antaranya adalah Kapolda Jawa Timur (Jatim) Irjen Toni Harmanto yang dimutasi karena memasuki masa pensiun. Toni digantikan Irjen Imam Sugianto yang saat ini menjabat Kapolda Kalimantan Timur (Kaltim). Posisi Kapolda Kaltim yang ditinggalkan akan diisi Irjen Nanang Avianto.

Nanang yang meninggalkan jabatan Kapolda Kalimantan Tengah (Kalteng) digantikan Irjen Djoko Poerwanto yang sebelumnya menjabat Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB). Posisi Kapolda NTB lantas diduduki Irjen Umar Faroq yang sebelumnya menjabat Widyaiswara Kepolisian Utama Tingkat I Sespim Lemdiklat Polri.

Selanjutnya, Kapolda Kepulauan Bangka Belitung (Kep Babel) Irjen Yan Sultra juga dimutasi. Penggantinya adalah Irjen Tornagogo Sihombing yang sebelumnya menjabat wakil inspektur pengawasan umum.

Terakhir, Kapolda Banten Irjen Rudy Heriyanto juga dimutasi dan digantikan Brigjen Abdul Karim. Selain posisi Kapolda, ada pula posisi Wakapolda yang bergeser. Misalnya, Wakapolda Papua Brigjen Ramdani Hidayat yang dimutasi Wadankorbrimob mendampingi Dankorbrimob baru.

Posisi Wakapolda Papua yang ditinggalkan diisi Brigjen Petrus Patrige Rudolf yang sebelumnya menjabat Wakapolda Papua Barat. Posisi Wakapolda Papua Barat lantas diisi Kombespol Alfred Papare yang sebelumnya menjabat Irwasda Polda Papua.

Karopenmas Divhumas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan menyatakan, mutasi dan rotasi di kepolisian adalah hal yang biasa. ”Ini proses alamiah di organisasi sekaligus dalam rangka meningkatkan kinerja tour of duty,” paparnya.

Belum ditentukan waktu pelantikan para pejabat baru di lingkungan Polri tersebut. Mungkin pelantikan masih menunggu penyesuaian jadwal Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. (*) 

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular