Kamis, Februari 29, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Jokowi : Rasio Utang RI Masih Baik dan Aman, Negara Lain Sudah 260 Persen

JAKARTA – Capres nomor urut 01 Anies Baswedan mengatakan pemerintah perlu menekan angka rasio utang indonesia terhadap PDB hingga menyentuh angka 30 persen.

Pernyataan Anies itu langsung ditanggapi capres nomor urut 02 Prabowo Subianto. Prabowo meminta Anies belajar ekonomi lagi. Menurutnya, tidak ada hal yang mendasari rasio utang ideal suatu negara harus berada di kisaran 30 persen terhadap PDB.

Namun, menurut undang-undang, rasio utang terhadap PDB idealnya sebesar 60 persen. Hal itu juga disampaikan Presiden Jokowi.

“Undang-undang, kan, memperbolehkan sampai maksimal 60 persen dan kita juga harus melihat bahwa utang kita dibanding dengan GDP itu masih pada kondisi baik dan aman lah. Masih di bawah 40 [persen], kan,” kata Jokowi di sela kunjungan kerja di Banten, Senin (8/1/2024).

Jokowi mengungkapkan, rasio utang terhadap PDB di negara-negara lain jauh lebih besar dari Indonesia.

“Ingat di negara besar itu sudah 260 persen, ada yang 220 persen, di tetangga kita enggak saya sebut negaranya ada yang 120, ada yang 66 persen,” ungkapnya.

Ia menyatakan, yang terpenting utang harus dipakai untuk kepentingan yang produktif, yang bisa memberikan dampak positif terhadap ekonomi negara.

“Sehingga negara bisa membayarnya, dengan juga ada kenaikan GDP kita dari tahun ke tahun, periode ke periode. Saya kira yang penting itu,” ujarnya. (Kum/KN)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular