Kamis, Februari 22, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Jokowi Dorong Pembangunan Hunian Terintegrasi Transportasi Publik di Kota Besar

DEPOK – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mendorong pembangunan hunian yang terintegrasi simpul transportasi publik atau transit oriented development (TOD) di berbagai kota besar di tanah air.

Hal itu disampaikan Presiden dalam keterangan pers, usai meresmikan Hunian Milenial untuk Indonesia di Samesta Mahata Margonda, Kota Depok, Jawa Barat, Kamis (13/04/2023) pagi.

“Tadi kan sudah saya perintah, tidak hanya di Jabodetabek, tetapi di kota-kota lain; Surabaya, Medan, Semarang, Bandung, Makassar, di semua kota yang sedang di semua kota yang sekarang sudah macet, Palembang, yang sudah mulai macet itu segera bangun TOD-TOD yang ada,” ujarnya.

Hunian dengan konsep TOD, kata Presiden, akan memudahkan masyarakat untuk mengakses berbagai tempat tujuan dengan menggunakan transportasi massal sehingga dapat mengurangi kemacetan.

“Cepat bisa menjangkau ke semua titik yang diinginkan, seperti yang di sini, mau kuliah dekat, ke rumah sakit dekat, mau ke tengah kota tinggal masuk ke KRL, langsung sudah 10-15 menit sampai,” ujarnya.

Selain itu, Presiden juga mendorong pembangunan hunian vertikal agar dapat memenuhi kebutuhan hunian bagi masyarakat.

“Ini memang yang dibutuhkan oleh kota-kota besar, tidak hanya Jabodetabek, tetapi kota-kota besar di seluruh tanah air ini memang harus, pertama, dibangun hunian yang vertikal ke atas,” tandasnya. (kn)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular