Sabtu, Mei 25, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Jenderal Agus Subiyanto Calon Tunggal Panglima TNI Pengganti Laksamana Yudo Margono

KORANUSANTARA – Genap sepekan menjalankan tugas sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Agus Subiyanto diusulkan menjadi Panglima TNI. Menggantikan Laksamana TNI Yudo Margono yang memasuki masa pensiun mulai 1 Desember 2023.

Ketua DPR Puan Maharani memastikan bahwa pimpinan DPR telah menerima surat presiden (surpres) usulan nama panglima TNI. Dalam konferensi pers di Gedung Nusantara III pada Selasa, 31 Oktober 2023. ”Nama yang diusulkan oleh Presiden Joko Widodo adalah Jenderal TNI Agus Subiyanto yang saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat,” ungkap Puan.

Perwira tinggi lulusan Akademi Militer (Akmil) 1991 itu memang digadang-gadang menjadi calon kuat pengganti Yudo. Di samping karier yang cemerlang selama bertugas di TNI, Agus disebut dekat dengan presiden. Hubungan antara Agus sebagai pejabat TNI dengan Jokowi selaku pejabat publik sudah terbangun sejak jenderal kelahiran Cimahi itu menjadi komandan kodim di Surakarta.

Selanjutnya, Puan memastikan bahwa DPR akan memproses surpres usulan nama calon panglima TNI itu sesuai dengan mekanisme yang ada. Di antaranya dengan melakukan fit and proper test. ”Semoga proses itu bisa berjalan dengan lancar dan baik sehingga pergantian atau panglima TNI berjalan dengan baik dan tidak ada kekosongan (pengisi jabatan) panglima TNI,” imbuhnya.

Merujuk aturan yang berlaku, fit and proper test calon panglima TNI dilaksanakan paling lambat 20 hari sejak surpres diterima oleh pimpinan DPR. Karena itu, agenda tersebut sangat mungkin dilakukan dalam waktu dekat. Apalagi bila melihat keharusan Presiden Jokowi melantik panglima TNI baru sebelum 1 Desember.

Sebelum Agus, Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Hadi Tjahjanto yang pernah bertugas sebagai Komandan Pangkalan Udara TNI AU Adi Soemarmo pada 2010 – 2011 silam juga dijadikan panglima TNI oleh Jokowi. Kemudian Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo yang kini menjadi orang nomor satu di Polri juga pernah bertugas sebagai kapolres Surakarta pada 2011. Saat itu, Jokowi masih menduduki jabatan wali kota Surakarta.(*)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular