Senin, Juni 17, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Jelang Idulfitri, Polres Kutai Kartanegara Musnahkan Miras dan Petasan

KUTAI KARTANEGARA – Sekretaris Daerah (Sekda) Kutai Kartanegara (Kukar) H Sunggono ikuti apel gelar pasukan Operasi Ketupat Mahakam 2023 dalam rangka pengamanan hari raya Idul Fitri 1444 H, di halaman Mapolres Kukar, Senin (17/4/2023).

Kegiatan yang diikuti pasukan apel diantaranya dari Polres Kukar, Kodim 0906 KKR, Dishub Kukar, BPBD Kukar serta Senkom Mitra Polri Kukar tersebut diawali dengan pemeriksaan pasukan, serta pemeriksaan sarana dan prasarana operasional penunjang dilapangan oleh pimpinan apel yaitu Kapolres Kukar AKBP Hari Rosena didampingi Kasi Ops Kodim 0906 KKR Kapten Jimmy Purba dan Sekda Kukar H Sunggono.

Sementara itu, Kapolres Kukar AKBP Hari Rosena saat membacakan sambutan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo mengatakan apel gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan operasi ketupat 2023, dimana menurutnya kegiatan tersebut juga merupakan wujud nyata sinergisitas Polri bersama seluruh stakeholder terkait yang ada.

Lebih lanjut, berkaitan dengan potensi peningkatan pergerakan masyarakat yang dikeluarkan oleh Kemenhub RI, serta menindaklanjuti arahan Presiden RI Joko Widodo yang menekan bahwa agar lebih berhati-hati dikarenakan pada tahun ini terdapat lompatan besar masyarakat yang akan melaksanakan mudik, dari 86 juta pada tahun 2022 menjadi 123 juta pada tahun 2023 berdasarkan hasil survei.

Berkenaan dengan hal tersebut, dirinya mengatakan Polri bersama stakeholder terkait berkomitmen untuk melaksanakan pengamanan secara lebih optimal melalui operasi terpusat dengan sandi “Ketupat 2023” selama 14 hari sejak tanggal 18 April sampai satu Mei 2023. yang mana menurutnya operasi tersebut telah diawali dengan pelaksanaan Kegiatan Kepolisian Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) dari tanggal 10 sampai 16 April 2023, dan akan dilanjutkan pasca operasi yaitu dari tanggal 2 sampai dengan 9 Mei 2023.

Setelah kegiatan apel gelar pasukan tersebut, dilakukan pemusnahan barang bukti hasil KRYD menjelang operasi Ketupat Mahakam 2023 Polres Kukar seperti pemusnahan Minum Keras (Miras) berbagai jenis, petasan dan kembang api berbagai jenis, makanan dan minuman kadaluarsa, serta alkohol 90 persen. (kn)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular