Senin, Juni 17, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Janjikan Kejutan saat Melawan Juara Dunia

JAKARTA – Ujian berat bagi timnas Indonesia. Menghadapi Argentina, tim yang kini menghuni peringkat pertama dunia. Indonesia sendiri di rangking FIFA bertengger di posisi 149 dunia. Lebarnya gap tersebut jelas mengindikasikan perbedaan kualitas kedua tim. Indonesia akan menjamu sang juara dunia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin, 19 Juni 2023.

Sadar akan perbedaan kualitas, pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong (STY), menargetkan anak asuhnya bisa tampil lepas dan tanpa beban. STY mempelajari cara bermain Argentina lebih dalam ketika berhadapan dengan Australia di Beijing, 15 Juni 2023. STY melihat kondisi mereka sangat baik. ’’Mereka menunjukkan kualitasnya sebagai tim juara dunia,’’ ujar pelatih asal Korea Selatan itu.

Meski demikian, STY tidak mau timnya menjadi bulan-bulanan saat Indonesia bertemu Argentina. Juru taktik 53 tahun itu ingin memberikan perlawanan ketat. Bahkan, STY ingin memberikan kejutan. ’’Sejujurnya, saya ingin memberikan kejutan. Tapi, bukan saya yang melakukan itu di lapangan. Para pemain yang akan menunjukkannya,” tegas STY.

Menurut pelatih tim nasional Korea Selatan di ajang FIFA World Cup 2018 Russia itu, pertandingan melawan Argentina sangat penting bagi Indonesia. Laga tersebut akan membuat mental para pemain Indonesia semakin meningkat. Hal itu sangat penting. Sebab, timnas Indonesia akan menghadapi beberapa event internasional. Salah satunya, Piala Asia 2023 Qatar.

’’Laga ini akan menjadi loncatan besar dan bantuan besar jelang Piala Asia. Dan, pemain-pemain yang bertanding melawan Argentina akan bisa banyak belajar,’’ terang mantan pelatih Queensland Roar itu.

Sementara itu, pelatih Argentina Lionel Scaloni mengaku sudah tidak sabar untuk menghadapi timnas Indonesia. Menurutnya, Indonesia akan menjadi lawan yang merepotkan timnya. ’’Indonesia adalah tim yang bagus. Punya teknik bagus. Tentu tak mudah bagi kami melawan Indonesia,’’ ucap Scaloni. (kn) 

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular