Minggu, Mei 26, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Jadi Saksi Korupsi LNG: Ahok: KPK Pegang Banyak Kasus di Pertamina

 

KORANUSANTARA – Komisaris Utama PT Pertamina Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menjalani pemeriksaan di Gedung Merah Putih KPK, Selasa, 7 November 2023. Dia menjadi saksi terkait dugaan korupsi pengadaan liquefied natural gas (LNG) di PT Pertamina 2011–2021.

”Tanya ke penyidik. Tanya ke penyidik, ya,” ucap Ahok singkat setelah keluar dari ruang pemeriksaan KPK pukul 16.24 WIB. Ahok tidak mau membocorkan pertanyaan yang diajukan penyidik kepadanya. Begitu juga saat disinggung hubungannya dalam kasus yang telah menetapkan Dirut Pertamina 2009–2014 Karen Agustiawan sebagai tersangka itu.

Ahok justru berseloroh ketika terus dikejar awak media karena irit bicara. ”Tapi, kayaknya KPK pegang banyak kasus di Pertamina,” celetuknya, lantas tertawa.

Yang jelas, kata mantan gubernur DKI Jakarta itu, pihaknya selalu berkoordinasi di lingkup internal Pertamina. Khususnya mengenai temuan masalah. Setiap ada temuan, pihaknya selalu melaporkan ke menteri BUMN.

Soal pernyataan Karen bahwa keputusan berbisnis LNG dengan perusahaan AS, Corpus Christi Liquefaction (CCL), justru membawa untung Pertamina, Ahok tidak menyangkalnya secara langsung. Saat ini pihaknya telah memberikan arahan ke direksi Pertamina untuk membuat mitigasi risiko. Termasuk merevisi AD/ART Pertamina terkait dengan bisnis itu. ”Kami maunya modal dikit, untung gede dong,” tuturnya.

Ahok juga tidak menjawab mengenai kasus terbaru yang ditangani KPK terkait gratifikasi pengadaan katalis di Pertamina. Dalam kasus itu, KPK telah meminta Ditjen Imigrasi Kemenkum HAM untuk mencegah empat orang pergi ke luar negeri. ”Cegah ini berlaku selama enam bulan ke depan dan dapat diperpanjang sesuai kebutuhan,” kata Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri Senin, 6 November 2023.

Ali memaparkan, soal dugaan gratifikasi katalis, KPK telah memiliki bukti permulaan berupa temuan belasan miliar rupiah. Jumlah itu yang diduga diterima pihak yang sudah ditetapkan tersangka oleh KPK saat ini. (*)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular