Minggu, Juni 16, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Jadi Ketua ISEI Lagi

Catatan Rizal Effendi

SAYA pikir rampung sudah tugas saya sebagai ketua Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Cabang Balikpapan 2019-2022. Lhadalah, enggak taunya malah didaulat kembali menjadi ketua masa bakti 2022/2023-2025 dalam Rapat Anggota ISEI Balikpapan, yang  digelar di Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Balikpapan (STEIPAN), Jl Zainal Arifin 166  (Baller), Jumat (4/8) lalu.

Rapat Anggota dibuka secara khusus oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Bambang Setyo Pambudi. Ada 35 anggota aktif yang hadir. Umumnya dari Universitas Balikpapan (Uniba), Universitas Mulya, STEIPAN, dan Poltekba. Ada juga terlibat beberapa praktisi.

“BI berkepentingan dengan ISEI karena ISEI wadah berhimpun para sarjana ekonomi Indonesia. Pemikiran ISEI sangat kita perlukan terutama dalam tugas-tugas BI menjaga inflasi dan melaksanakan kebijakan moneter,” kata Bambang.

Yang istimewa hadir juga dosen Institut Teknologi Kalimantan  (ITK) dari Program Studi Bisnis Digital (BD). Program ini memang tarik menarik antara jurusan di institut teknologi atau fakultas ekonomi. “Sepertinya lebih ke rumpun fakultas ekonomi. Sebenarnya kita mau buka, tapi perlu persiapan untuk dosen IT-nya,” kata Dekan Fakultas Ekonomi Unmul Prof Syarifah Hudayah.

Bersama Deputi Bisnis Pegadaian Area Balikpapan Susatya Pramana (keempat dari kiri)

Program studi BD di ITK menciptakan kolaborasi keilmuan dari bisnis dan teknologi dalam menyiapkan sumber daya manusia (SDM) di era industri 4.0. Menghasilkan lulusan di bidang entrepreneur, pemasar digital, konsultan bisnis, pengembang bisnis, dan data analist.

Rapat pemilihan berlangsung singkat. Soalnya dilakukan secara aklamasi. Semua yang hadir sepakat mengangkat saya kembali. “Setujuuuu!!” semua serempak menjawab ketika ditanyakan oleh pemimpin rapat, Rudy Pudjut Harianto, dosen senior STEIPAN.

Tim formatur di antaranya Rudy Pudjut, Bambang Saputra (Tenaga Ahli BI/Madani), dan Didik Hadyatno (Uniba) dengan cepat menyusun susunan personel pengurus baru. Hampir semua anggota aktif berkenan jadi pengurus.  Yang menarik masuknya Ketua Iwapi Kaltim Erna Gaffar SE dalam kepengurusan. Sebagai sekretaris didapuk Rudy Pudjut Harianto dan bendahara Hety Devita. Ketua akan didampingi 4 wakil ketua, yaitu Didik Hadiyatno, Ratna Wardaningsih, Ramli, dan Bambang Saputra.

Sebagai Koordinator Bidang Kebijakan Fiskal dan Pembangunan Daerah Dwi Susilowati, Koordinator Moneter dan Lembaga Keuangan Dessy Handa Sari, Ketua Bidang UMKM, Koperasi, Ekonomi Digital, Ekonomi Syariah, Ekonomi Kreatif dan Kewirausahaan Rihfenti Ernayani serta Koordinator Bidang Bisnis, Investasi, dan Sumber Daya Manusia Alan Smith Purba.

Masih ada sejumlah nama ditunjuk sebagai wakil sekretaris, wakil bendahara dan anggota bidang. Kepala Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan, Kepala BI dan OJK Kaltim serta  Prof Suhartono, SE, MM diminta duduk dalam jajaran Dewan Penasihat.

Ketika terpilih menjadi ketua ISEI masa bakti 2019-2022, saya masih berstatus sebagai wali Kota Balikpapan. Pelantikannya sama-sama dengan pengurus ISEI Kutai Kartanegara (Kukar) awal Januari 2019. Yang melantik adalah Gubernur BI Perry Warjiyo selaku ketua umum ISEI Pusat.

Ada kemungkinan Perry akan datang kembali ke Balikpapan dalam waktu dekat ini untuk kembali melakukan pelantikan. “Beberapa minggu lalu Gubernur BI ke Kalteng melantik  pengurus ISEI Cabang Palangka Raya di sana,” kata Bambang Setya Pambudi.

Didik Hadyatno, kepala Perwakilan BI dan ketua ISEI.

Perry Warjiyo sangat berkepentingan datang ke Kaltim. Selain mengukuhkan pengurus ISEI, juga dalam rangka persiapan Pembangunan Gedung Bank Indonesia di Ibu Kota Nusantara (IKN). Gedung BI Pusat di Jalan Thamrin, Jakarta Pusat, pada waktunya bergeser ke lokasi IKN di Sepaku, Penajam Paser Utara (PPU).

Berdasarkan Keputusan Presiden RI No 38/P tanggal 5 Mei 2023, Perry diangkat kembali sebagai gubernur BI masa bakti 2023-2028. Pengukuhannya dilaksanakan 24 Mei 2023 di hadapan Ketua Mahkamah Agung (MA) Prof Dr HM Syarifuddin, SH, MH.

Sebagai ketua ISEI, Perry akan menggelar Sidang Pleno ISEI XXIII & Seminar Nasional 2023 di Hotel Mercure Bengkulu, 15-16 September mendatang. Ketua ISEI seluruh Indonesia diundang. Temanya: “Peran ISEI Memperkuat Sinergi  untuk Ketahanan dan Kebangkitan Ekonomi Menuju Indonesia Baru.”

Bersama Ibu Hety (kiri) dan Ibu Pudji seusai pemilihan.

DISKUSI PEGADAIAN

Di sela rapat pemilihan ketua ISEI Balikpapan, dilakukan juga diskusi peran lembaga BUMN PT Pegadaian. Yang datang  memberikan penjelasan adalah Deputi Bisnis Kantor Pegadaian Area Balikpapan Susatya  Pramana.

“Saya siap jadi pengurus ISEI Balikpapan, tapi disiplin saya ilmu hukum. Bila ada bidang hukum dalam komposisi pengurus, saya bisa ditempatkan di sana,” kata Pramana serius menawarkan diri.

PT Pegadaian adalah salah satu BUMN yang bergerak pada tiga lini bisnis, yakni pembiayaan, emas, dan aneka jasa. Produk konvensionalnya ada Kredit Cepat Aman (KCA), Kreasi, Krasida, Krista, dan Kucica. Sedang Investa Syariah terdiri dari Rahn, Arrum, Mulia, Tabungan Emas, dan Amanah (Kredit Kendaraan). Selain itu yang terbaru adalah pegadaian digital atau pegadaian online.

Menurut Pramana, manfaat utama adanya Pegadaian adalah ketersediaan dana dengan prosedur yang relatif lebih sederhana dan dalam waktu yang lebih cepat, terutama apabila dibandingkan dengan kredit perbankan. Apalagi sekarang produknya sangat beragam dan kreatif. “Seperti tagline kami, Pegadaian memecahkan masalah tanpa masalah,” ujarnya.

Menjawab pertanyaan seorang dosen soal proses permohonan bunga khusus Pegadaian yang ribet, Pramana berujar tidak seperti itu. “Hubungi saya, meski proses keputusannya berjenjang, saya jamin waktunya sangat cepat,” tandasnya.

Kepada ISEI Balikpapan, Pramana mengatakan, Kantor Pegadaian membuka diri untuk melakukan kerjasama  baik berkaitan dengan penawaran semua produk Pegadaian maupun kerjasama dalam bentuk lain seperti penyelenggaraan diskusi atau seminar ekonomi.

ISEI dibentuk dan didirikan  di Jakarta 14 Januari 1955. Ini adalah organisasi profesi yang berdasarkan pada kesarjanaan dan tidak mengikatkan diri atau berafiliasi pada partai politik dan organisasi politik mana pun. Gubernur BI Perry Warjiyo terpilih sebagai ketua Umum ISEI Pusat yang kedua kalinya periode 2021-2024 pada Kongres ISEI 2021 di Makassar. (*)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular