Selasa, Mei 28, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Isran Noor : Pembangunan IKN Harus Terus Berlanjut

SAMARINDA – Mantan Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) periode 2018-2023 Isran Noor menyatakan, pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) harus terus dilanjutkan, walau apapun yang terjadi.

“Jika ada yang macam-macam dan tidak setuju dengan pembangunan IKN, maka saya akan menjadi orang di barisan terdepan untuk membela pembangunan IKN tetap berlanjut,” ujar Isran dalam acara Isran Mengundang dan Menghibur untuk Masyarakat Kaltim di Samarinda, Sabtu (3/2/2024).
Jadi, katanya, apapun yang terjadi, maka pembangunan IKN harus terus dilanjutkan, karena keputusan pemindahan IKN ke Kaltim telah sesuai dengan amanat undang-undang.

Pemindahan ibu kota negara ke Kaltim, katanya lagi, merupakan anugerah dan kehormatan bagi masyarakat setempat, karena banyak daerah yang ingin dijadikan pemindahan ibu kota baru, namun Presiden Joko Widodo memutuskan dipindahkan ke Kaltim, tepatnya di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara.

Adanya IKN ke Pulau Kalimantan, lanjutnya, bukan hanya menguntungkan bagi masyarakat Kaltim, tapi juga bagi publik, karena selama ini pembangunan hanya terpusat di Jakarta atau umumnya di Pulau Jawa sehingga sering disebut Java Centris, namun karena kini pindah ke Kalimantan yang letaknya di tengah Indonesia, maka pembangunan akan merata.

Untuk itu, dalam acara di Planery Hall Sempaja yang dihadiri ribuan orang ini ia mengajak masyarakat memilih calon presiden dan wakil presiden yang pro terhadap pembangunan IKN, sedangkan bagi yang tidak mendukung kelanjutan pembangunan IKN, maka calon tersebut bukanlah calon pemenang.
Pembangunan IKN, lanjutnya, menerapkan konsep pembangunan yang berkelanjutan dengan mengedepankan keseimbangan.lingkungan, karena dari 252.000 hektare luas IKN, lokasi yang dijadikan infrastruktur atau yang dibangun hanya 25 persen.

Kemudian seluas 65 persen akan menjadi area hutan kembali, sedangkan sisanya yang seluas 10 persen untuk area produksi pangan, tentunya lahan pangan ini juga menganut konsep hijau.

“Pembangunan di IKN selain untuk pemerataan pembangunan di semua sektor, tentu juga sebagai upaya penghutanan kembali (reforestasi), sehingga kita harus mendukung keberlanjutan pembangunannya,” kata Isran. (Ant/KN)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular