Minggu, Juli 14, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Israel Klaim Berhasil Mengambil Alih Benteng-Benteng Hamas

KORANUSANTARA – Serangan Israel ke Jalur Gaza tidak menunjukkan tanda-tanda mereda. Justru, operasi yang dilancarkan kian massif saja. Mirisnya, target yang menjadi sasaran serangan adalah rumah sakit.

Jubir Kementerian Kesehatan Gaza Ashraf al-Qudra mengatakan, tentara Israel baru saja menggerebek rumah sakit di Gaza City. Langkah tersebut dilakukan setelah Militer Israel (IDF) membanjiri fasilitas tersebut dengan serangan udara. ’’Saat ini mereka sudah masuk ke Kamal Adwan. Mereka (tentara Israel) mengumpulkan lelaki di lapangan rumah sakit,’’ ungkapnya seperti yang dikutip oleh Agence France-Presse.

IDF belum menanggapi pernyataan tersebut. Sementara Agensi Kemanusiaan PBB, OCHA, mengatakan bahwa RS Kamal Adwan masih dikelilingi oleh tentara dan tank Israel selama tiga hari berturut-turut.

Mereka melaporkan dua perempuan yang sedang dirawat di bangsal persalinan meninggal dalam serangan udara. Sekitar 3.000 ribu jiwa yang terperangkap di sana masih mengalami kekurangan persediaan air, makanan, dan listrik.

Sebagai informasi, operasi militer dimulai saat aksi Hamas menewaskan 1.200 jiwa pada 7 Oktober. Sebagai balasannya, 18 ribu lebih warga Gaza terbunuh dalam serangan udara dan darat. Sebagian besar merupakan perempuan dan anak-anak.

Namun, Israel tak puas dengan capaian tersebut. Mereka menyatakan bahwa operasi militer kali ini bisa berjalan dalam hitungan bulan. ’’Saat ini, Hamas sedang di ambang kehancuran. Kami sudah mengambil alih benteng-benteng terakhir mereka,’’ ujar Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant. (*)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular