Minggu, Mei 26, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Inovasi Pemkab Kutai Kartanegara Dapat Apresiasi Mendagri

MAKASSAR – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI Tito Karnavian mengapresiasi atas keikutsertaan Pemkab Kutai Kartanegara dalam Festival Inovasi Pemerintah Daerah yang diikuti 27 provinsi Kabupaten/Kota, pada peringatan Hari Otonomi Daerah XXVII berlangsung di Anjungan Pantai Losari Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan, Sabtu (29/4/2023).

Apresiasi tersebut diungkapkan Mendagri Tito Karnavian saat mengunjungi stand pameran inovasi pemkab Kukar yang langsung mendapatkan penjelasan terkait inovasi yang ditampilkan oleh Asisten I Setkab Kukar Akhmad Taufik Hidayat didampingi Kabag Prokompim Ismed serta jajaran Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kukar.

“Luar biasa, inovasi pemkab Kukar sudah banyak berbicara dipentas nasional dan ini patut jadi contoh daerah lain, apalagi Kukar merupakan bagian dari mitra Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara harus terus berkolaborasi, inovasi dan daya saing,” ujar Tito Karnavian.

Bahkan Mendagri Tito Karnavian juga mengajak seluruh kaula muda daerah dukung penuh pembangunan IKN dengan melakukan terobosan dan inovasi, sehingga mampu menjadi pemuda-pemuda kreatif yang memiliki daya saing kedepannya.

“Saya berharap para pemuda di daerah khususnya di Kutai Kartanegara terus melakukan berkreasi, berinovasi dalam menyongsong ibu kota negara di Kalimantan Timur berdaya saing,” kata Tito Karnavian memberikan semangat.

Tidak hanya itu, stand pameran inovasi Kukar juga turut dikunjungi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang juga menyaksikan tayangan keberhasilan inovasi Kukar melalui publikasi tayangan VideoTron.

“Kukar mantap,” ujar Ganjar singkat sambil mengajungkan jempolnya seraya meninggalkan stand inovasi Kukar.

Diketahui dalam festival inovasi pemerintah daerah, Pemkab Kukar menampilkan enam inovasi keberhasilan serta sertifikat penghargaan tingkat nasional yang telah diraih turut dipamerkan. Adapun inovasi tersebut yakni KLIK ME (Kelola Listrk Komunal Muara Enggelam), Mabuk Kepayang (Kemitraan Bumdesa dan Masyarakat Sungai Payang), Si Pajol Betijak, Gemerlap (Gerakan Merdeka Lewat Air Pamsimas), Kampung Raja Mapan (Kawasan Masyarakat Pertanian Unggulan Rakyat Sejahtera Mandiri Pangan), dan Sinar Purnama (Solusi Pertanian bumdes Sumber Pernama). (kn)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular