Selasa, Juli 23, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

IDM Kukar Terus Meningkat, Tidak Ada Lagi Desa Tertinggal di Kukar

TENGGARONG – Upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) untuk meningkatkan kemandirian desa berbuah manis. Sejak tahun 2021, Indeks Desa Membangun (IDM) di Kukar terus alami peningkatan. Kini tidak ada satupun desa di Kukar, yang menyandang kategori Sangat Tertinggal.

Tentunya pencapaian ini diperoleh dari berbagi upaya yang dijalankan Pemkab Kukar. Berbagai intervensi terus dilakukan Pemkab Kukar, untuk mendongkrak IDM di tiap desa. Baik itu dari sektor ekonomi, sosial, pendidikan hingga kesehatan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kukar, Arianto, mengatakan pada 2021 lalu terdapat tujuh desa di Kukar dengan kategori Desa Sangat Tertinggal. Kemudian 98 desa yang dikategorikan Desa Berkembang, 64 Desa Maju dan 24 desa terkategorikan sebagai Desa Mandiri.

Kini setelah tiga tahun berselang, berdasarkan data DPMD Kukar, desa berkembang berkurang jadi 48. Peningkatan justru datang dari kategori Desa Maju, yakni sebanyak 69 desa dan Desa Mandiri sebanyak 76 desa.

“Sebelumnya ada tujuh desa yang tertinggal, dan tahun 2022 kita sudah tidak ada lagi desa tertinggal,” kata Arianto, Rabu (11/10/2023).

Ia menjelaskan, pertumbuhan IDM menjadi salah satu Program Dedikasi Kukar Idaman, yakni Kukar Bebaya. Hal ini menjadi Indikator Kinerja Utama (IKU) DPMD Kukar dalam menuntaskan desa tertinggal. Langkah selanjutnya adalah mengupayakan desa berkembang menjadi maju dan mandiri.

Untuk mendongkrak penilaian IDM, DPMD Kukar bakal bekerja sama dengan Bankaltimtara untuk menyediakan fasilitas sarana dan prasarana perbankan di setiap desa. Karena sejumlah insentif desa disalurkan secara non tunai atau transfer.

Kemudian DPMD Kukar juga akan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kukar untuk menyediakan fasilitas Posyandu dan Puskemas Pembantu (Pusban) di setiap desa. Serta menambah bidan dan tenaga kesehatan (nakes).

“Jadi desa berkembang, maju dan mandiri, bupati dan wabup memang merekomendasikan hasil survei IDM menjadi perhatian untuk ditindaklanjuti tentang indeks ekonomi, sosial, pendidikan dan kesehatan agar terus dikawal,” serunya

“Status IDM Kukar saat ini sudah maju di angka 0,776. Target kita maju di 2024 dengan angka 0,788 mendekati mandiri (0,8),” pungkasnya. (Adv/KN)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular