Sabtu, April 13, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Guru Agama Islam yang Diangkat Pemda dan Kemenag Dipastikan Dapat THR

JAKARTA – Bulan Ramadan sudah separuh jalan. Artinya Lebaran semakin dekat. Kementerian Agama (Kemenag) memastikan mencairkan tunjangan hari raya (THR) kepada guru-guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah umum. Kepastian itu disampaikan langsung Dirjen Pendidikan Islam Kemenag M. Ali Ramdhani.

Pejabat yang akrab disapa Dhani itu mengatakan, Kemenag telah mendistribusikan anggaran THR dan gaji ketigabelas kepada seluruh Satuan Kerja (Satker) binaannya. Pengalokasian anggaran ini sejalan dengan Peraturan Pemerintah (PP) 14/2024 tentang Pemberian Tunjangan Hari Raya dan Gaji Ketigabelas kepada Aparatur Negara, Pensiunan, Penerima Pensiun dan Penerima Tunjangan Tahun 2024.

“Kita berikan THR juga kepada guru PAI,” tegas Dhani di Jakarta pada Senin (25/3/2024).

Menurutnya, saat ini ada dua kelompok rumpun Guru PAI. Pertama, Guru PAI yang kepegawaiannya diangkat oleh Kemenag. Lalu kelompok kedua, guru PAI yang pengangkatannya dilakukan oleh Pemerintah Daerah (Pemda).

Dhani menegaskan selama ini, Kemenag tidak pernah membedakan kesejahteraan guru PAI dalam hal pembayaran Tunjangan Profesi Guru (TPG). Setiap tahun anggarannya mencapai Rp 6 triliunan. “Untuk THR, Kemenag akan memberikannya kepada guru PAI yang diangkat Kemenag dan Pemda. Alokasi anggarannya sudah kita distribusikan ke daerah,” jelasnya.

Dia mengatakan Ditjen Pendidikan Islam Kemenag sudah menggelar rapat pimpinan. Keputusannya guru PAI baik yang diangkat Kemenag maupun Pemda, THR-nya akan dibayarkan oleh Kemenag. Khusus untuk guru PAI yang diangkat Pemda, akan ada surat pernyataan untuk memastikan tidak double pencairan THR.

Sesuai Juknis dari Kementerian Keuangan Nomor 15 tahun 2024, Kemenag tengah mengupayakan agar THR bisa segera distribusikan. “Paling cepat 10 hari sebelum hari raya. Jika belum dapat dibayarkan, THR dapat dibayarkan setelah hari raya,” jelas Guru Besar UIN Bandung itu. (JP/KN)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular