Minggu, Mei 26, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Groundbreaking 10 Proyek Strategis di IKN, Lanjut ke Kutai Barat

KORANUSANTARA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali berkunjung ke Kaltim. Sesuai janjinya, setiap bulan, Jokowi akan melakukan groundbreaking sejumlah proyek di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Presiden Jokowi dan rombongan tiba di Kaltim, Selasa, 31 Oktober 2023, melalui Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS), Balikpapan. Sebanyak 5.068 personel gabungan dikerahkan dalam pengamanan kedatangan kepala negara yang dijadwalkan melakukan groundbreaking 10 proyek strategis di IKN serta kunjungan ke Kutai Barat.

Dari jumlah tersebut, 2.814 personel dari TNI Kodam VI/Mulawarman, 1.644 Polda Kaltim, dan 610 personel unsur pemerintah daerah setempat. Kapendam VI/Mulawarman Letkol Arm Kukuh mengatakan, pihaknya telah melakukan pemetaan ke sejumlah titik yang rencananya bakal menjadi lokasi kunjungan presiden.

Personel TNI berbagai satuan hingga ke tingkat yang paling bawah, termasuk para Babinsa, ikut meningkatkan keamanan selama masa kunjungan presiden.

“Presiden tiba di Balikpapan Selasa  sore. Dan langsung menuju hotel untuk beristirahat. Kunjungan kerja tiga hari ke depan,” jelas Kukuh.  Agenda pertama di IKN adalah groundbreaking Bandara VVIP di Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU). Bandara VVIP IKN nantinya akan digunakan untuk melayani kepentingan kegiatan pemerintahan di IKN. Dibangun dengan luas terminal VVIP 2.000 meter persegi  dan terminal VIP 5.000 m persegi serta runway sepanjang 3.000 x 485 meter. Bandara VVIP IKN berjarak sekitar 25 kilometer dari Bandara Sepinggan, Balikpapan dan sekitar 107 km dari Bandara APT Pranoto, Samarinda.

Selanjutnya, Jokowi juga akan melakukan groundbreaking pembangunan RS Mayapada, Gedung Pakuwon Nusantara, Jakarta International School (JIS), RS Hermina, SD 020 Sepaku, Bank Indonesia (BI), Gedung BPJS, dan PLTS.

Selain meresmikan berbagai proyek pembangunan, Presiden Jokowi juga akan meninjau Persemaian Mentawir, Hunian Pekerja Konstruksi (HPK) dan glamping di IKN.

Dua hari di IKN, Jokowi akan melanjutkan giatnya di Kabupaten Kutai Barat (Kubar) melalui Hellypad Bendungan Semoi menuju Stadion Swalas Gunaaq, Sendawar. Orang nomor satu RI tersebut akan menghadiri Festival Dahau memperingati HUT Ke-24 Kutai Barat.

Diperkirakan sebanyak 25 ribu massa warga Kubar akan menyambut kehadiran Jokowi di Alun-alun Itho Sendawar. Setelah giat di Kutai Barat, Jokowi akan kembali menuju Bandara SAMS Balikpapan dan bertolak menuju Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta.(*)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular