Sabtu, Juli 13, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Gibran Kunjungi IKN dan Blusukan di Balikpapan

KORANUSANTARA – Keberlanjutan menjadi semangat yang diusung pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Diklaim sebagai penerus pemerintahan Presiden Joko Widodo, pasangan ini ini bertekad untuk melanjutkan dan menyempurkan program yang akan dan sedang berjalan. Termasuk megaproyek Ibu Kota Nusantara (IKN).

Seperti yang dilakukan Gibran. Sebelum ke IKN, cawapres nomor urut 2 itu terlebih dulu menyapa pendukungnya di Balikpapan, Minggu, 17 Desember 2023. Gibran blusukan ke Pasar Pandan Sari, Balikpapan Barat. Didampingi juru bicaranya, Emil Dardak dan Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie.

Kampanye dilanjutkan dengan berdiskusi bersama pelaku usaha industri kreatif dan komunitas anak muda di Kafe Open House, Jalan Puncak Markoni Atas, Kelurahan Damai, Kecamatan Balikpapan Kota. Setelahnya, wali kota Surakarta ini berangkat mengunjungi IKN di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara (PPU).

Rangkaian kampanyenya di Balikpapan ditutup dengan menemui pendukung dan simpatisannya di Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC)/Dome pada malam harinya. Dalam pertemuan dengan pelaku industri kreatif dan komunitas anak muda di Balikpapan, Gibran mengatakan telah menampung beberapa masukan. Terutama berkaitan dengan musik, film, e-sport dan lainnya.

Sebelumnya dia juga sudah melakukan blusukan di pasar untuk memantau harga pangan. Kegiatan ini, menurutnya menjadi hal yang wajib saat melakukan kampanye di daerah. “Kita di semua kota wajib di pasar tradisional dan ketemu pelaku industri kreatif dan anak muda,” ucapnya. Kunjungan ke pasar dan menjaring aspirasi anak muda maupun pelaku usaha industri kreatif ini, menurut Gibran sangatlah penting.

Karena Indonesia adalah negara besar. Dan Indonesia harus bisa keluar dari middle income trap atau perangkap pendapatan menengah. Sehingga kuncinya adalah menaikkan nilai tambah di dalam negeri. “Makanya sekarang kita fokus pemerataan pembangunan. Yang tidak lagi Jawasentris. Kita fokus hilirisasi, kita fokus juga menaikkan industri kreatif, UMKM, dan lain-lain. Ini penting karena mereka pelaku usaha,” jelas dia.(*)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular