Sabtu, Juni 22, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Gempa Bantul Mengguncang Pulau Jawa, BMKG Sebut Tidak Berpotensi Tsunami

JAKARTA – Gempa berkekuatan 6,4 SR mengguncang Jogjakarta dan sekitarnya, Jumat malam, 30 Juni 2023. Kekuatan gempa dirasakan menyebar hampir di seluruh Pulau Jawa. Guncangan gempa juga sempat memunculkan kepanikan warga.

BMKG dalam rilisnya menyebut, lokasi episentrum gempa di perairan selatan Jogjakarta. Tepatnya di 8.63 lintang selatan dan 110.08 bujur timur. Pusat gempa berada di sekitar 86 km barat daya Bantul. Gempa berkekuatan 6,4 SR itu berada di kedalaman 25 km.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono menjelaskan, dengan memerhatikan lokasi episentrum dan kedalaman hiposentrumnya, gempa yang terjadi termasuk jenis gempa bumi menengah. Gempa itu muncul akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia dan Eurasia. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa tersebut memiliki mekanisme pergerakan naik atau thrust fault.

’’Gempa bumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Kulon Progo, Nganjuk, Kebumen, dan Ponorogo dengan skala intensitas IV MMI,’’ ungkapnya. Kemudian, di daerah Kediri dan Mojokerto, gempa dirasakan dengan skala intensitas III MMI. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.

Daryono menyampaikan, hingga pukul 20.30 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya dua gempa bumi susulan dengan magnitudo terbesar 3,9 SR. Daryono pun mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang kebenarannya tidak dapat dipertanggungjawabkan. Masyarakat dianjurkan menghindari bangunan yang retak atau rusak akibat gempa.

’’Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal Anda cukup tahan gempa,’’ tuturnya. Termasuk memastikan tidak ada kerusakan akibat getaran gempa. Sebab, kondisi itu bisa membahayakan kestabilan bangunan rumah. (kn)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular