Minggu, Mei 26, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Garap Start-up Milenial, Gibran Masih Berstatus Kader PDIP

KORANUSANTARA – KPU sudah menuntaskan tahapan pendaftaran calon presiden dan calon wakil presiden. Pada hari terakhir, Rabu, 25 Oktober 2023, pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, didampingi partai politik pengusung dari Koalisi Indonesia Maju (KIM), menyerahkan berkas pendaftaran dan dinyatakan lengkap. Praktis, Pilpres 2024 diikuti tiga pasangan capres-cawapres.

Sebelumnya, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD telah mendaftar pada hari pertama, Kamis, 19 Oktober 2023. Keduanya juga telah menjalani pemeriksaan kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta.

Proses pendaftaran Prabowo-Gibran berlangsung meriah. Start dari kediaman Prabowo di Kertanegara, keduanya sempat melakukan seremoni deklarasi di kawasan Gelora Bung Karno. Dari situ, mereka menuju ke Taman Suropati Menteng menggunakan bus bertuliskan Prabowo Presiden.

Di Suropati, mereka diarak ribuan simpatisan dan kirab budaya menggunakan mobil Maung produksi PT Pindad dengan atap terbuka. Sepanjang jalan sekitar 500 meter itu, keduanya menyalami simpatisan yang telah menunggu sejak pagi.

Hadir juga seluruh ketua umum anggota KIM. Yakni Ketum Golkar Airlangga, Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, Ketum PAN Zulkifli Hasan, Ketum PBB Yusril Ihza Mahendra, Ketum PSI Kaesang Pangarep, Ketum Gelora Anis Matta, Ketum Garuda Ahmad Ridha Sabana, serta Ketum Prima Agus Jabo.

Di KPU, Prabowo tidak menyampaikan banyak hal. Dia hanya menekankan akan menjalankan politik sejuk dan kekeluargaan. “Kita akan bertanding dengan gagasan, bertanding dengan visi, bertanding dengan program,” tegasnya.

Sementara itu, dalam pidato politik pertamanya sebagai bacawapres, Gibran menyebut sejumlah program yang bakal menjadi andalannya. Program tersebut berangkat dari program pemerintahan Jokowi yang dikembangkan. Dia mengatakan, pembangunan saat ini sudah berhasil membawa Indonesia menuju gerbang kemajuan. “Tugas kita sekarang melanjutkan dan menyempurnakan,” ujarnya.

Di bidang pembiayaan UMKM, misalnya, saat ini sudah ada KUR, kredit Mekaar, wakaf mikro, hingga kredit ultra mikro. Nantinya, dia mencanangkan pembiayaan kredit startup milenial yang akan membantu bisnis-bisnis para milenial yang berbasis inovasi dan teknologi.

Kemudian untuk bantalan sosial, pihaknya akan melanjutkan Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Indonesia Pintar (KIP), dan Program Keluarga Harapan (PKH). Ke depan, akan ada tambahan KIS lansia hingga Kartu Anak Sehat. “Untuk pencegahan stunting,” kata Gibran didampingi istrinya Selvi Ananda.

Khusus untuk para santri, Gibran menyebut akan membentuk dana abadi pesantren guna merealisasikan mandat Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2019. Di sektor ekonomi, dia kembali menegaskan komitmennya melanjutkan hilirisasi untuk komoditas pertambangan, pertanian, dan perikanan.

“Dan juga ekonomi hijau dan energi hijau untuk keberlanjutan,” jelasnya. Gibran meyakini, keberlanjutan dan konsistensi adalah modal untuk melompat menuju Indonesia Emas. Gibran juga menekankan, kerja-kerja ke depan bakal banyak melibatkan generasi muda. “Hal-hal yang terkait anak-anak muda, generasi milenial, generasi Z, dan jangan lupa para santri, pasti kita dukung penuh,” jelasnya.

Saat mendaftar KPU, Gibran masih berstatus kader PDIP. Prabowo sendiri mengaku tidak masalah dengan status Gibran sebagai kader PDIP. Baginya, yang terpenting punya semangat yang sama membangun bangsa. “Jadi tidak ada masalah, jadi kami senang saja kalau beliau tetap jadi kader PDIP,” terangnya.(*)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular