Senin, Februari 26, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ganjar Wacanakan Bentuk Kementerian Khusus Pemberdayaan Disabilitas

KORANUSANTARA – Semua warga negara punya hak yang sama. Hal tersebut ditegaskan capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo saat menghadiri Kirab Budaya Nitilaku dalam rangka HUT Ke-74 Universitas Gadjah Mada (UGM), Jogjakarta, Minggu, 17 Desember 2023.

Dikatakan Ganjar,  kelompok penyandang disabilitas harus dipandang setara. Mantan gubernur Jawa Tengah (Jateng) itu melontarkan ide membentuk kementerian khusus yang bertugas melakukan pemberdayaan mereka.

Di sela-sela acara itu, Ganjar didatangi Ketua Badan Pengurus Pusat (BPP) Persatuan Pengusaha Disabilitas Indonesia (Perpedin) Bambang Susilo. Bambang menyatakan, kaum difabel masih diposisikan sebagai objek dan dipinggirkan. Padahal, berdasar survei sosial ekonomi nasional (susenas), populasi penyandang disabilitas sebanyak 28,05 juta jiwa. Jumlah ini setara 10,38 persen populasi nasional pada 2020 dengan jumlah kaum difabel terbanyak pada usia lanjut.

Bambang mendukung Ganjar guna membentuk kementerian yang khusus mengurusi penyandang disabilitas. ’’Ke depan, harapan kami ada kementerian yang mengurusi disabilitas karena ini akan menjadi barometer seberapa jauh kepedulian pemerintah terhadap kaum difabel,’’ terangnya. Ganjar merespons aspirasi tersebut. Dia menceritakan pengalamannya saat memimpin Jateng yang melibatkan kalangan difabel dalam mengambil kebijakan. ’’Saat musrenbang, kami ajak teman-teman difabel, perempuan, dan anak. Dan, mereka mendapat prioritas,’’ ujarnya. (*)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular