Minggu, Mei 26, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ganjar Sebut Negara Lain Ingin Mendalami Pancasila

KORANUSANTARA – Ganjar Pranowo menghadiri Haul Akbar Syekh Abdul Qadir Al Jailani di Pondok Pesantren Roudlotussholihin, Purwosari, Lampung Tengah, Kamis, 26 Oktober 2023. Hal ini masih dalam rangkaian safari politik yang dilakukan bakal calon presiden dari PDI Perjuangan tersebut.

Haul itu dihadiri puluhan ribu orang dari seluruh Indonesia. Selain itu, hadir cicit Syekh Abdul Qadir Al Jailani. Yakni, Syekh Ammar Azmi Al Rafati Al Jailani Al Hasani dari Palestina. Bersama istri, Syekh Ammar sempat ngobrol bersama Ganjar dan sejumlah ulama lain.

Didampingi Gus Yasin yang juga fasih berbahasa Arab, Ganjar mendengarkan cerita Syekh Ammar yang begitu cinta pada Indonesia. Kepada Ganjar, dia menyebut Indonesia adalah negara paling aman. ’’Saya berkunjung ke berbagai negara di dunia, dan saya merasa negara ini paling aman,’’ ucapnya.

Di Indonesia, lanjut dia, banyak ulama yang mengajarkan literasi keagamaan. Toleransi dan moderasi beragama berjalan sangat baik. Hal itu tidak terlepas dari ideologi Pancasila yang dianut di Indonesia. Kepada Ganjar, Syekh Ammar juga mengaku tertarik untuk melakukan riset tentang ideologi Pancasila.

’’Ketertarikan saya saat berkunjung ke Bali menghadiri acara Nahdlatul Ulama. Di sana, saya melihat tidak hanya orang Islam. Tapi, agama lain ikut membantu dan semua rukun. Saya melihat Islam di Indonesia indah,’’ ungkapnya.

Karena itu, pihaknya ingin mendalami Pancasila dan mengajarkannya pada negara-negara lain. Khususnya negara di Timur Tengah yang sering terjadi perang antar golongan. ’’Di negara Timur Tengah sering terjadi perang karena beda golongan. Maka, konsep Pancasila dibutuhkan di negara-negara itu,’’ jelasnya.

Ganjar menanggapi serius obrolan itu. Dia kagum akan cerita Syekh Ammar tentang Pancasila. Dia menegaskan, banyak negara lain yang ingin mendalami Pancasila. Bahkan, Ganjar sempat menawari Syekh Ammar untuk bertemu tokoh-tokoh yang memang konsen terkait Pancasila untuk melakukan penelitian.

Selain menghadiri haul, Ganjar juga mengunjungi Keuskupan Tanjungkarang, Bandar Lampung. Kedatangan Ganjar disambut Monsinyur (Mgr) Vincensius Setiawan Triatmojo dan Romo Anjarsi. Mereka pun berbincang seputar bagaimana terus merawat kebinekaan.

Seusai pertemuan, Ganjar mengatakan, keuskupan memiliki peran penting di tengah masyarakat. Kehadirannya kali ini, lanjut dia, untuk berdiskusi dan belajar. Terutama membangun semangat kebersamaan. ’’Saya senang mendapatkan banyak cerita,’’ ujarnya. (*)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular