Minggu, Juli 14, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ganjar Beberkan Tiga Strategi Stabilkan Harga Bahan Pokok

KORANUSANTARA- Kalimantan Timur (Kaltim) menjadi destinasi Ganjar Pranowo di saat masa kampanye. Capres nomor urut 3 itu dijadwalkan menyapa pendukungnya di tiga kota; Balikapapan, Kutai Kartanegara, dan Samarinda.

Selasa, 5 Desember 2023, Ganjar memulai safari politiknya dengan berkunjung ke Pasar Baru di Klandasan, Balikpapan. Di sana, Ganjar mendapati keluhan terkait kenaikan harga bahan pokok. Kedatangan Ganjar disambut pedagang dengan antusias.

Ganjar kemudian menyambangi sebuah kios penjual sayur-sayuran dan cabai. Capres yang berpasangan dengan Mahfud MD itu kemudian berdialog dengan beberapa pedagang. Kebanyakan mengeluhkan tentang harga bahan pokok.

Salah salahnya Hatini, seorang pedagang sayur di Pasar Baru. Hatini mengatakan harga cabai dan sejumlah komoditi sayur mengalami kenaikan beberapa waktu terakhir. “Harga cabai naik, pak. Bawang putih naik harga kotor Rp 545.000 satu karung,” katanya di hadapan Ganjar.

Merespons hal itu, Ganjar menyatakan bahwa menstabilkan harga dimulai dengan data produksi yang akurat. Kedua, memaksimalkan teknologi untuk meningkatkan produksi. Ketiga, pentingnya mengembalikan fungsi Badan Urusan Logistik (Bulog) bahan pokok. ’’Agar harganya dapat dikendalikan,’’ ujarnya.

Ganjar juga mengunjungi DPC Gerakan untuk Kesejahteraan Tunarungu Indonesia di Balikpapan. Ganjar mendapat masukan terkait kesetaraan kaum difabel dalam mendapatkan kemudahan. Baik akses pendidikan, pelatihan usaha, permodalan, maupun fasilitas umum yang ramah bagi mereka.(*)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular