Senin, Februari 26, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ganjar Akan Tanya Sri Mulyani Soal Isu Mundur dari Kabinet Jokowi

JAKARTA – Calon Presiden (Capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo merespons isu yang menyebut Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani akan mundur dari Kabinet Indonesia Maju Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ganjar mengaku tak mengetahui isu tersebut.

Meski begitu, Ganjar menilai bahwa jika benar Sri Mulyani hendak mundur dari jabatannya sebagai Menkeu, maka masalah yang membuatnya hengkang dari kabinet harus diungkap ke publik.

“Mudah-mudahan tidak terjadi. Tapi seandainya terjadi, akan lebih baik kalau publik tahu apa problemnya,” kata Ganjar usai bertemu tokoh agama hingga relawan di Warung Kopi Bara, Magetan, Jawa Timur, Kamis (18/1/2024).

Menurutnya, dengan begitu Sri Mulyani atau menteri manapun tak perlu mundur dari kabinet. Dia menyarankan agar penyebabnya diperbaiki.

“Kalau itu atau beliau-beliau mau mundur karena ada sesuatu, nah sesuatu ini saja yang disampaikan agar beliau tidak mundur tetapi diperbaiki,” ujar Ganjar Pranowo.

Hal ini, lanjut Ganjar, agar pemerintahan Presiden Jokowi tetap bertahan hingga akhir jabatan. Kendati begitu, Ganjar mengaku akan bertanya kepada Sri Mulyani dan menteri lainnya soal isu yang beredar.

“Tapi kalau sesuatunya tidak bisa tertolong mungkin itu menjadi sikap yang saya belum tahu. Tapi coba nanti saya tanyakan, karena saya kenal sama beliau-beliau juga,” ucap Ganjar Pranowo.

Sebelumnya, Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana menjawab isu Sri Mulyani akan mundur dari jabatan Menteri Keuangan (Menkeu).

Ari menekankan bahwa saat ini semua menteri kabinet Indonesia Maju tetap solid membantu Presiden Joko Widodo atau Jokowi hingga purna tugas pada Oktober 2024.

“Seluruh Menteri Kabinet Indonesia Maju tetap kompak dan solid membantu Presiden untuk memimpin penyelenggaraan pemerintahan sampai akhir masa jabatannya,” kata Ari kepada wartawan, Kamis (18/1/2024).

Dia enggan menanggapi isu ada menteri yang siap mundur atau tak nyaman di pemerintahan Jokowi. Ari meminta agar hal tersebut ditanyakan ke pihak yang menyebarkan isu.

“Terkait isu yang sengaja dilemparkan oleh beberapa pihak bahwa ada menteri yang siap mundur atau tidak nyaman dalam pemerintahan. Tanyakan saja ke pihak-pihak yang melontarkan isu tersebut,” tutur Ari. (lpt/kn)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Most Popular